AQUA Keboncandi Adakan Program Konservasi Air Terintegrasi Sebagai Bentuk Penyebaran Kebaikan Terhadap Alam

""

Portalarjua.net- Pasuruan, Sebagai salah satu komitmen dalam menjalankan program konservasi air terintegrasi, AQUA Keboncandi bersama pihak terkait, serta Yayasan Field Indonesia mengadakan kegiatan penyerahan bibit dan penanaman pohon yang diadakan pada tanggal 09 Januari 2020, tepatnya di Desa Tempuran Kecamatan Pasrepan. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pasuruan, kepala Resort Wilayah 1 TNBTS, Camat Pasrepan, Staf Dinas Kehutanan Propinsi Jawa Timur, Kepala Desa Pasrepan, tim FPDR dan penggiat lingkungan.

Dalam kegiatan yang bertemakan “Menanam Pohon dan Menanam Kebaikan” ini juga sangat sesuai dengan program yang diemban oleh AQUA Keboncandi yakni program konservasi air terintegrasi yang didalamnya terdapat berbagai kegiatan seperti meanam pohon yang dilakukan diberbagai daerah termasuk daerah Kecamatan Pasrepan sebagai salah satu bentuk upaya untuk menyebarkan kebaikan kepada alam.

Program konservasi air ini merupakan kelanjutan dari tahun-tahun sebelumnya. Jika dikalkulasi ini merupakan tahun kesepuluh dari program konservasi sumber daya air.

Dalam sambutannya, M. Fahroni selaku Kepala Pabrik AQUA Keboncandi mengatakan bahwa, program ini bertujuan untuk menghijaukan kembali daerah yang menjadi sumber resapan air yang ada di Pasuruan serta mengembalikan kebaikan alam yang telah kita nikmati selama ini.

“Danone-AQUA mempunyai visi yang diemban, yaitu One Planet One Health. Melalui suatu pemahaman bahwa kesehatan masyarakat dan kesehatan bumi memiliki hubungan yang sangat erat untuk selalu menjaga agar bumi sehat dan lestari,” kata Fahroni.

Dalam acara kegiatan program konservasi air terintegrasi, dilakukan berbagai kegiatan yaitu penanaman pohon serta pemberian dan penyebaran bibit pohon sebagai bentuk simbolis oleh Kepala Pabrik AQUA Keboncandi M. Fahroni dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pasuruan kepada kelompok tani Sumber Rezeki, kelompok tani Sri Rezeki Tuyowono, kelompok tani Tunas Harapan Ampel Sari, Bala Daun Wonomerto Tosari, kelompok tani Rukun Jaya Sejahtera Puspo, serta AM Cinta Damai Pasuruan.

Heru Farianto, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pasuruan, yang dalam sambutannya mengatakan bahwa pihaknya sangat berterima kasih kepada pihak-pihak yang sudah menyelenggarakan kegiatan konservasi air terintegrasi terutama pada PT. Tirta Investama Pabrik Keboncandi. Karena dengan diadakannya kegiatan konservasi air terintegrasi yang didalamya ada serangkaian kegiatan seperti penanaman pohon dan pembuatan sumur resapan, air hujan dapat terinfiltrasi dengan baik dan mencegah terjadinya banjir dimusim hujan, itu dikarenakan air diserap oleh pohon yang sudah ditanam. Selain itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pasuruan juga berharap, agar kegiatan semacam konservasi tersebut terus dilakukan demi menjaga sistem ekologi di daerah Kabupaten Pasuruan.

Selain itu, kegiatan program konservasi air terintegrasi ini sudah melakukan berbagai kegiatan yaitu salah satunya adalah sekolah lapangan yang berkalaborasi dengan 26 anggota kelompok tani. (El)

Leave a Reply