Kampung Kopi Jatiarjo Pasuruan, Jadi Destinasi Tempat Ngopi Pemuda Milennial

""

Portalarjuna.net-Pasuruan, Wisata Kampung Kopi Jatiarjo kini semakin digandrungi para pengunjung. Khususnya para millennial muda yang gemar nongkrong sambil berdiskusi. Tempat ngopi ini mejadi pilihan nongkrong bagi pemuda-pemudi di Pasuruan setelah menghabiskan waktu seharian untuk beraktivitas  yang membosankan seperti kerja maupun kuliah.

Desa Jatiarjo, saat ini dikenal sebagai Kampung Kopi. Dengan hamparan perkebunan kopi seluas 365 Hektar di Desa Jatiarjo Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, begitu menyejukkan mata. Letak geografis desa yang berada di lereng Gunung Arjuna ini, membuat kondisi tanahnya subur dan cocok untuk lahan pertanian dan perkebunan. Petani sebanyak 1.728 orang rata-rata berprofesi sebagai pekebun tanaman kopi, sehingga dapat kita ketahui bahwasannya komoditas bisnis utama desa jatiarjo ini adalah tanaman kopi.

Wisata Kampung kopi yang di bangun oleh para pemuda-pemuda jatiarjo ini, akhirnya menjadi tempat nongkrong yang banyak diminati pengunjung. Selain pemandangan hamparan lading kopi yang menyapa indera penglihatan pengunjung, lokasi outbound disana juga melengkapi keindahan desa wisata ini.  Menu pilihan kopi yang beragam seperti Arabika, Robusta dan Liberika, yaitu kopi langka dengan aroma khas nangka menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Wisata Kampung Kopi Jatiarjo ini bukan dikelola oleh individu semata, melainkan dikelola bersama oleh para pemuda dan perangkat desa. Kampung wisata ini tidak hanya berorientasi pada keuntungan individu namun juga memberdayakan petani kopi disekitar desa jatiarjo melalui hasil kebun yang bisa di produksikan disini.

“Yang kami suguhkan adalah edukasi tentang kopi sekaligus tempat menghilangkan penat karena ada outbond serta pemandangan yang apik,” ungkap Imam salah satu pemuda Desa Jatiarjo.

Selain berfungsi sebagai destinasi wisata dan pemberdayaan petani, Dengan banyaknya tanaman kopi di Desa Jatiarjo, fungsi konservasi untuk lereng Gunung Arjuno sebagai daerah resapan air bagi sebagian Kabupaten Pasuruan, khususnya Purwosari, Gempol dan Pandaan, juga terpenuhi. (huri)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.