Mawas Diri Untuk Ketertiban Jalan, Partai Keamanan Sekolah se-Yayasan Darut Taqwa Selenggarakan Pelantikan Anggota Gabungan

""

Gambar : Dokumentasi kegiatan Pelantikan PKS (9/01)

Dalam rangka menjaga ketertiban dan  keamanan di jalan raya untuk mengurangi jumlah kecelakaan lalu lintas, Seluruh lembaga tingkat SLTA di Yayasan Darut Taqwa lakukan pelantikan gabungan Partai Keamanan Sekolah (PKS). Dengan bekal pengetahuan kelalulintasan diharapkan bahwa anak sekolah tersebut dapat memiliki kesadaran untuk berlalulintas dengan aman, sopan dan bertingkah laku yang baik dijalan.

Tugas PKS adalah mengatur lalu lintas di lingkungan sekolah dan lingkungan sekitar sekolah, terutama pada saat menyeberangkan siswa-siswi yang akan menuju ke sekolah maupun yang akan meninggalkan sekolah. PKS juga dapat bertugas di tempat-tempat lain yang sedang melaksanakan kegiatan sekolah, umpamanya pada saat kegiatan Porseni, menyambut perayaan hari-hari besar dan kegiatan lainnya. Walaupun semata-mata PKS bertugas untuk kawan-kawan sesekolahnya, dibenarkan juga kalau mereka melaksanakan tugasnya terhadap pemakai jalan lain, seperti menyeberangkan siswa-siswi dari sekolah lain.

Tujuan dalam pelantikan PKS tersebut  adalah untuk melatih para pelajar agar dapat bekerja secara nyata dalam menertibkan keamanan lalulintas dan memupuk rasa tanggung jawab serta menyadari bahwa memiliki wawasan tentang ketertiban dan keamanan  bukan hanya merupakan tanggung jawab Polri/Poalantas saja akan tetapi merupakan tanggung jawab seluruh masyarakat.

“pelantikan iki diadakan agar para pelajar dapat mengetahui, serta mau terlibat dalam melayani masyarakat di bidang ketertiban lalu lintas” ujar nizar selaku ketua PKS MA Darut Taqwa

Sebelum pelantikan diadakan, peserta pelantikan yang merupakan anggota bari calon PKS tersebut diberi bekal berupa materi-materi tentang ketertiban dan keamanan serta pemberian praktik turun lapangan yang sudah dilakukan beberapa minggu sebelum pelantikan diselenggarakan. Di antara materi yang diajarkan pada pelantikan tersebut ialah materi pengetahuan lalu-lintas,  Perundang-undangan lalu-lintas, Rambu-rambu lalu-lintas, Tutorial cara-cara menyebrang yang aman, Senam lalu lintas serta Peraturan baris berbaris. (irna)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.