Panorama Keindahan Air Terjun Coban Baung Kertosari – Purwosari

""

Portalarjuna.net-Kertosari, Wisata air terjun yang terletak di Desa Kertosari, Kecamatan Purwosari, Pasuruan, Jawa Timur, air terjun ini menjadi salah satu destinasi wisata dengan pemandangan yang indah di Pasuruan. Inilah Air Terjun Coban Baung, air terjun dengan suasana yang sejuk dan pepohonan di sekelilingnya menjadi daya tarik tersendiri pada air terjun ini.

Gemuruh air terjun langsung menyambut pengunjung begitu tiba di air terjun yang berada dalam kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Baung ini. Derasnya air terjun yang jatuh dari atas bebatuan seperti mengajak pengunjung untuk menceburkan diri ke dalam sungai yang berada tepat di bawah air terjun. Namun, ada larangan dari pihak pengelola untuk para pengunjung yang ingin mandi dan berenang di sekitar area air terjun ini.

Selain menyajikan air terjun, kawasan ini juga menyajikan suasana penuh kesejukan khas kawasan hutan sekitar. Udara yang masih terasa segar juga begitu terasa di sini sehingga memberikan nuansa kenyamanan saat kita menghirupnya.

Seperti yang di rasakan seorang mahasiswa saat mengunjungi wisata air terjun Baung “Tempatnya sangat sejuk dan terlihat keaslian alamnya, indahnya pemandangan yang berwarna hijau yang berasal dari pepohonan juga dapat menyehatkan mata,” Ungkap Fauji

Hampir setiap harinya para pengunjung yang berasal dari berbagai macam kota dalam maupun luar Jawa Timur berdatangan untuk melihat keindahan air terjun coban baung ini. Keindahan air terjun yang terletak di lereng  gunung baung ini mampu memberikan sensasi tersendiri bagi para pengunjung.

Selain itu, bagi para pengunjung yang suka berkemah di alam terbuka, Taman Wisata Alam Gunung Baung menyediakan fasilitas camping ground. Fasilitas ini disediakan untuk pengunjung yang ingin bermalam sambil menikmati segarnya udara dan gemericik air terjun di sekitar kawasan ini. Menginap di area hutan terbuka tentunya akan menjadi pengalaman yang menyenangkan buat pengunjung yang belum pernah merasakannya.

Untuk sampai ke air terjun setinggi sekitar 100 meter ini tidaklah sulit, pengunjung harus berjalan kaki lagi sekitar 500 meter menuruni anak tangga dengan menikmati pemandangan pepohonan di sepanjang perjalanan.

“meskipun jarak yang di tempuh cukup jauh, berkat adanya pepohonan yang rindang serta di sambut dengan monyet yang bergelantungan membuat saya tidak merasakan capek, apalagi ketika sudah sampai di lokasi air terjun. Rasa capek langsung hilang dan semua terbayarkan oleh keindahan air terjun ini” Ungkapan rasa puas fauji

Untuk masuk ke lokasi wisata ini pengunjung hanya dikenai tiket masuk sebesar Rp. 5.000/orang. Dengan harga yang relatif terjangkau, pengunjung sudah bisa menikmati segarnya udara, pemandangan air terjun yang menawan serta fasilitas yang di sediakan seperti mushola, toilet, area parkir dan warung makanan. (intan)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.