Pendidikan Pra-Nikah Sejak Dini Melalui Seminar Kepesantrenan, Jadi Bahan Motivasi Diri Santri Ngalah

""

Gambar diambil dari depan saat foto bersama panitia acara dengan ke-dua pemateri.

PortalArjuna.Net-Dalam menyambut milad ke-14, kali ini asrama H adakan event edukasi melalui seminar kepesantrenan dengan topik pendidikan pra-nikah sebagai motivasi tahap perkembangan dini bagi santri ngalah. Jum’at,(20/12/19).

Tema yang diambil adalah  “Ta’aruf dalam sebuah pernikahan ala pesantren” yang dilaksanakan di Aula Pancasila pada pagi hari tepatnya jam 08.00 Wib. Dengan Moderator “zulliya qur’otul Uyun” dan  2 Pemateri yakni Ust. Ainul Mufid M.Pdi. dan Ust. Durrotun Nasikhin M.Pdi.

Pengaruh generasi era milenial yang semakin tak teratur menjadi tujuan diadakannya event ini, karena banyak sekali remaja-remaja yang sudah salah kaprah dalam bertingkah dan menyerap budaya-budaya baru tanpa memfilter terlebih dahulu. Apalagi dalam berhubungan dengan lawan jenis sudah hampir tak ada batasan tanpa memfikirkan akibat yang ditimbulkan istilahnya pergaulan bebas.

Maka dari itu, sering kali orang tua mengambil jalan pintas melalui pernikahan dini. Namun, hal tersebut disanggah oleh Ust. Ainul Mufid, ada cara lain yakni dengan memondokkan anak ke pesantren “Untuk meminimalisir pernikahan dini dan pergaulan bebas yakni melalui pondok pesantren, Perbaiki diri sejak dini karena jodoh gak jauh dari kita” ujar beliau saat menyampaikan materi I.

Acara tersebut berjalan dengan lancar mulai penyampaian pemateri I sampai II dan ditutup dengan foto bersama santriwati pondok pesantren ngalah dan seluruh panitia acara. Tepat sebelum jum’atan acara tersebut sudah selesai dilaksanakan.

banyak ilmu yang dapat kita ambil, mulai dari bagaimana sikap yang baik bila berhubungan dengan lawan jenis, apa tujuan pernikahan dan sampai pada masalah-masalah yang dihadapi saat berumah tangga,cukup menyenangkan! Buat motivasi diri, Saya suka…”tukas Eva, Siswi MA Darut Taqwa saat perjalanan pulang selepas acara.

Menurut informasi panitia, Seminar kepesantrenan menjadi event penutup dari sekian banyak lomba-lomba yang telah dilaksanakan menuju puncak milad asrama H yang diadakan pada tanggal 2 januari mendatang. (Ila).

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.