PIDANA UNTUK PUNGLI PEMBUATAN KTP DAN KK

""

Gambar : stop pungli di kecamatan grati

Portalarjuna.net-pasuruan, administrasi kependudukan di kabupaten pasuruan menuai polemik mengenai pungli pembuatan ktp el dan kk,ditetapkan pada kamis (09/01/20) pemungutan liar atau pungli dilarang di kantor kecamatan Grati dengan alasan apapun.

Sesuai dengan UU no 24 tahun 2013 tentang administrasi kependudukan muncul dalam rangka peningkatan pelayanan administrasi yang profesional, dinamis,tertib dan tidak diskriminatif dalam pencapaian standart minimal menuju pelayanan prima untuk mengatasi permasalahan kependudukan, termasuk pungli.

Warga sendiri sudah mulai resah dengan adanya pungli di kawasan Kecamatan Grati, adanya pengaduan warga juga menjadi bukti dan persoalan yang harus segera di tuntaskan demi kenyamanan warga “ sangat meresahkan sekali, pungli yang ada di daerah saya tidak sebanding dengan pembuatan KTP el yang terkesan lama dan tidak segera di selesaikan, ini kan jadi menimbulkan tanda tanya, sebenarnya efektif tidak pembuatan dokumen kependudukan di ulur terus” jelas Maya selaku warga sekitar grati.

 

Namun demikian pemberantasan pungli memang harus segera di selesaikan dan sudah di dukung dengan hukum pidana bagi orang – orang yang curang untuk kepentingan pribadi dengan merugikan orang lain dalam hal administrasi kependudukan di wilayah pasuruan. (Isna/Ndra)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.