Randuwana Menjadi Outbound Predikat Pertama di Kabupaten Pasuruan

""

Portalarjuna.net-Kertosari, Kabupaten Pasuruan memiliki 365 desa dan kelurahan, lengkap dengan segala potensi yang terkandung di dalamnya. Dari sekian banyak desa tersebut, ada satu desa yang kini mulai menampakkan sinarnya, yakni Desa Kertosari yang berada di wilayah Kecamatan Purwosari.

Secara geografis, Desa Kertosari memiliki populasi penduduk sekitar 4300 jiwa yang didominasi sekitar 85% diantaranya bermata pencaharian sebagai petani. Sedangkan 15% dari jumlah penduduk berprofesi sebagai pedagang, pegawai negeri serta swasta lain, termasuk penyedia berbagai jasa.

Nah, apabila dilihat dari potensi alam, Desa Kertosari memiliki panorama alam yang menakjubkan. Desa yang memiliki luas 407 hektar ini menawarkan pemandangan yang benar-benar natural. Hawa nan sejuk dan udara yang begitu fresh sangat terasa, tatkala memasuki desa ini. Nuansa alam pedesaan serta ditambah dengan keramahtamahan penduduk sekitar, semakin menambah lengkap kenyamanan desa yang satu ini.

Outbound Paling Seru Hanya di Taman Dolan. Mengisi liburan tidak terbatas dengan mengunjungi tempat-tempat wisata. Ingin liburan yang seru, cobalah outbound !! Serunya outbound yang dilaksanakan beramai-ramai memberikan Semangat dan Pengalaman baru.

Outbound Di Taman Dolan Meliputi Senam Taman Dolan, Magic Bambu, Ninja Warior Kids, Permainan Tradisional, Alat Musik Tradisional, Sumber Mata Air, Menanam dan Memanen, Selada Air, Mbolang Taman Dolan, River Tubing, Fliyng Fox, dan masih banyak lainnya.

Desa Kertosari sendiri memiliki banyak tempat-tempat yang menjanjikan. Yang pertama adalah Kawasan Randu Wana. Kawasan ini adalah penuh dengan hutan randu yang memiliki luas 2 hektar, dan bisa dijadikan sebagai tempat untuk outbond, perkemahan dan tempat pertemuan. Lokasinya sangat segar dan bisa menghilangkan kepenatan bagi siapa saja yang butuh rekreasi untuk merefresh pikiran agar kembali segar dan bersemangat

Abdul Rokhim Kepala Desa Kertosari mengakui bahwa desa yang dipimpinnya saat ini yakin membangun ekonomi masyarakat dengan mengurangi angka kemiskinan

“meski kami sudah mendapatkan nominasi desa terbaik, masih banyak yang harus kami benahi lagi demi membangun ekonomi masyarakat sekitar dengan cara sosialisasi kepada masyaraka dan membangun SDM dalam mengelola destinasi wisata yang terdapat di randuwana ini khususnya Desa Kertosari, rabu  (08/01).

Saat ini, Randuwana ini dikelola oleh Karang Taruna Bakti Kertosari, tepatnya sejak januari lalu. Keberadaan para pemuda tentu saja diharapkan dapat meningkatkan geliat desa ini, supaya dikenal lebih luas lagi.

“Alhamdulillah, Kawasan Randuwana ini sudah dipakai untuk outbond dari beberapa daerah. Sebut saja dari TK Primagama Sidoarjo, Institut Teknologi Adi Tama Surabaya, SMA Islam Nganjuk dan berbagai pihak yang mulai melirik tempat kami,” ungkap Hajar, Ketua Karang Taruna Bakti Kertosari. (Asyrafi) (08/01/20)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.