Tekat Elit Desa Dalam Membangun Kota Dalam Desa

""

Portalarjuna.net-pasuruan, karangrejo merupakan salah satu desa paling barat dalam kecamatan Purwosari kabupaten pasuruan, kekayaan alam yang sangat melimpah, tanaman dan tumbuhan yang masih asrih membuat desa karangrejo nyaman untuk dikunjungi keindahannya, belom lagi espektasi dari kepala desa karangrejo yang menyatakan bahwa kedepannya desa karangrejo akan menjadi destinasi rujukan pasuruan yang membuat konsep kota dalam desa.

Pemanfaatan dana desa yang tepat oleh para aparatur desa, dengan membuatkan wadah pusat perekonomian rakyat dan destinasi wisata yang berkonsep KOTA DALAM DESA ini, yang nantinya mengangkat eksistensi desa karang rejo, pembuatan wisata ini memiliki banyak unsur didalamnya, salah satu dari tujuan tersebut adalah menjaga cintra desa tenun karangrejo, yang mana pelebelan desa tenun tersebut masuk dalam 6 desa tenun yang berada di Jawa Timur. Oeh karnanya, disisi lain dari pembangunan desa wisata tersebut adalah menjadi tempat edukasi untuk para peminatnya.

Ada beberapa unsur yang di sepakati dalam pembangunan desa wisata desa karang rejo, antara lain adalah sebagai pusat perekonomian masyarakat desa karang rejo, tempat wisata bagi khalayak umum, sebagai tempat edikasi dari beberapa bidang, dan yang terakhir adalah sebagai pendongkrak eksistensi desa karang rejo itu sendiri.

Lahan yang terbentang seluas 6 hektar ini, masih belum ada konsep yang paten, artinya kita sangat menerima ketika ada masyarakat atau instansi pendidikan yang memberikan usulan atau inspirasi  kepada pemerintah desa, dalam tanda kutib tidak keluar dari konsep awal dan unsur-unsur yang kami pegang tegu mulai awal, ujar kepala desa (2-01-2020).

Start awal pembangunan desa wisata itu sendiri, dimulai pada bulan oktober 2018, dimana estimasi biaya yang dikeluarkan hingga bulan desember 2019 ini telah  mencapai 720 juta. Itu semua sudah terhitung pembayaran tukang dan pemblian bahan pembangunan.

Menurut kepala dusun (mas Dwi Priyanggono) lahirnya pembangunan destinasi wisata KOTA DALA DESA di karangrejo ini adalah tidak luput dari minat seorang pemimpin untuk menciptakan masyarakat yang makmur, sejahtera kedepannya, juga.(huri)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.