Hidup Sehat Penangkal Coronavirus Disease (Covid-19)

""
Gambar : Ilustrasi Internet

PortalArjuna.net-Pasuruan, Sedari awal, ada sejumlah langkah sederhana yang bisa rutin dilakukan oleh masing-masing individu hingga lingkungan sekitar rumah untuk menangkal Covid-19. Namun tantangannya, belum tentu seluruh masyarakat di Indonesia  bisa menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

Cara penyebaran sejumlah virus dapat melalui kontak dekat, lingkungan atau benda yang terkontaminasi virus. Virus tertular melalui droplet yang berasal dari saluran napas seperti batuk, bersih atau saat berbicara. Selanjutnya droplet tersebut melekat ke lingkungan atau benda karena droplet yang memiliki berat tidak dapat bertahan di udara.

Akhirnya droplet yang mengandung virus tersebut sampai masuk ke dalam tubuh manusia melalui tangan. Tangan menyentuh permukaan benda/lingkungan tempat droplet melekat. Selanjutnya tangan menyentuh muka, terutama mulut, hidung dan mata, sehingga akhirnya virus masuk ke dalam tubuh kita. Kebiasaan tangan menyentuh muka ini memang tak terhindarkan dan hampir setiap saat dilakukan.

Selain itu WHO menyebutkan, penularan langsung bisa terjadi saat seseorang pasien positif Covid-19 batuk, bersih atau bicara dan mengeluarkan droplet. Droplet bisa langsung terhirup oleh orang lain jika berada dalam jarak 1 – 2 meter.

Cara hidup sehat untuk menangkal Covid-19 ini sangat sepele, namun sering di acuhkan oleh sebagian besar penduduk bumi. Diantaranya adalah mencuci tangan dengan sabun, menjaga kebersihan sekitar rumah, menghindari kontak langsung dengan sesama, menutup mulut ketika batuk dan bersin dengan tissue, menjaga imun tubuh dengan olah raga, dan juga  selalu menggunakan masker terutama saat berpergian.

Dari cara-cara yang sudah disebutkan, Pencegahan yang cukup efektif adalah dengan sesering mungkin mencuci tangan. Cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, minimal 20 detik. Sebaiknya, jangan menyentuh hidung, mulut dan mata sebelum mencuci tangan. Jika tidak ada sabun dan air mengalir, bisa menggunakan cairan pembersih tangan (minimal 70 persen alkohol).

Bentuk virus korona yang ditutupi menara runcing, terlihat memiliki mahkota. Di dalam mahkota adalah lapisan luar virus yang terdiri dari lemak. Lemak ini bisa larut dengan sabun. Selain itu, sabun juga bisa menonakftifkan virus sehingga tidak dapat mengikat dan memasuki sel manusia lagi,

Selain mencuci tangan dengan sabun memersihkan tangan menggunakan handsanitizer juga termasuk dalam tips mudah untuk menangkal corona karena dengan alkohol yang terkandung dalam handsanitizer bisa langsung membantu memecah dinding sel virus yang terdiri dari protein. Alkohol akan mendenaturasi dan menggumpalkan protein atau merusaknya. Namun, untuk membersihkan droplet mengandung virus yang menempel di tangan, lebih banyak membutuhkan alkohol dibandingkan air.

Perlu kita sadari, diluar rumah terutama dikeramaian adalah sarang virus, jadi sebisa mungkin hindari keramaian dan tetap tinggal dirumah. Kurangi berpergian jika tidak mendesak. Keamanan terjaga saat kita berada dirumah saja. Tetap budayakan hidup sehat untuk menangkal penyebaran virus corona.

Sumber : M Puteri Rosalina

Ed       : Irnaa

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.