Masuk ke Pulau Bawean, Tim Kesehatan Periksa Suhu Seluruh Penumpang Kapal

""

PortalArjuna.net-Gresik, Pemeriksaan suhu tubuh menggunakan thermal scanner untuk mencegah pesebaran Virus Corona atau Covid-19 juga diberlakukan di Pulau Bawean Kabupaten Gresik.Pemeriksaan tersebut dilakukan kepada seluruh penumpang kapal yang datang dari Gresik.


Sebelum berangkat dari Gresik ke Bawean, kapal cepat bernama lambung Natuna Express dengan kapasitas 350 penumpang juga disemprot menggunakan disinfektan. Seluruh tenaga medis dan TNI, Polri dilibatkan dalam penyemprotan tersebut.


“Mulai hari ini kita periksa semua penumpang, karena di tingkat nasional sudah darurat Virus Corona,” kata anggota Surveilans Puskesmas Sangkapura Zainul Samsuddin pada Senin (6/4/2020).


Zainail menjelaskan, tim medis di Bawean melakukan pemeriksaan sejak Virus Corona kali pertama mulai menyebar. Pemeriksaan dilakukan untuk turis dari luar negeri. Dari data Tim Puskesmas Bawean, sudah ada 30 orang dari luar negeri yang diperiksa selama Maret.


“Mereka yang datang ke Bawean dengan tujuan berbeda-beda. Mulai dari wisatawan asing, hingga TKI asal Bawean yang pulang kampung,” jelasnya.


“Jika dihitung, rata-rata ada 7 sampai 10 orang dari orang luar negeri yang datang ke Bawean setiap harinya,” katanya.

Dia berharap keadaan nasional, tidak mengancam warga di Pulau Bawean. Mengingat banyak warga lokal yang bekerja sebagai TKI di luar negeri. Sehingga antisipasi dan pencegahan sangat perlu dilakukan.


Karena penyebaran Virus Corona mulai mengkhawatirkan belakangan ini, pihaknya memberlakukan pemeriksaan kesehatan kepada seluruh penumpang yang datang ke Bawean. Tidak terkecuali warga Bawean yang datang dari Pulau Jawa. (Asyrafi)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.