Perubahan Aktivitas Belajar, Guru Alami Kendala Pada Sistem Daring

""
Gambar Diambil dari Wikipedia

PortalArjuna.net-Mojokerto, penyebaran wabah covid-19 menjadikan perubahan pada sistem belajar, dari awalnya bertatap muka secara langsung, sekarang mereka harus membiasakan dengan sistem daring (Via Online).


Perubahan aktivitas belajar tersebut mengharuskan mereka untuk selalu update dalam mencari informasi tugas dari masing-masing guru. Tak hanya itu, kebanyakan dari mereka tidak begitu merasakan masa liburan sebenarnya, karena meraka mempunyai kewajiban untuk menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan sesuai dengan batas waktu yang telah ditentukan.


“Anak-anak dapat banyak tugas dari guru-gurunya. Dan tiap pelajaran punya waktu penyelesaian yang beda-beda waktu ngumpulin tugasnya. Tugasnya itu udah ada di HP.” Ujar bapak hadi, ayah dari 3 anak tersebut.


Dalam hal ini sistem daring memang terlihat efisien karena metode tersebut lebih memudahkan anak-anak dalam menambah wawasan baru karena tercukupi oleh akses internet sekarang dan dapat belajar dimana dan kapan saja.


Namun, perubahan sistem tersebut mengalami beberapa kendala yang di rasakan beberapa guru, salah satunya oleh Siti Nur Jannah guru IPA Mts. Darut taqwa 02. “ Tanpa bertatap muka secara langsung, kami (para guru) memiliki kendala dalam memahami anak didik kami, dari mana yang serius dan yang tidak saat proses belajar daring dilakukan, selain itu, tidak semua materi bisa diajarkan secara daring seperti pelajaran fisika, kimia, matematika dan pelajaran eksak lainnya, Tak hanya itu, perihal pengumpulan tugas juga menjadi kendala, karena kurangnya interaksi non verbal menjadikan himbauan kami kurang diindahkan, jadinya kadang tengah malam hp masih saja terus berbunyi meskipun sudah diberi batas waktu, yaa, harapan saya semoga pandemi ini segera berakhir dan kami bias belajar seperti biasanya.” Ungkap beliau. Kerap di panggil Bu Anna oleh anak didiknya. (06/04/20). (Fit)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.