Rahasia Dalgona Coffee, Kopi Viral di Tengah Pandemi Covid-19

""
Gambar : Dalgona Coffee dalam instagram hannafarhana10

PortalArjuna.ner-Pasuruan, Semenjak merebaknya virus corona dan memaksa orang untuk tinggal dirumah, ternyata juga membawa beberapa manfaat. Semisal karena tak bisa ke mana-mana, memicu mereka yang di rumah untuk berkreativitas tanpa ada batasan. Munculnya tren bikin dalgona coffee yang viral di media social termasuk salah satu kreativitass di tengah pandemic Covid-19.

Kopi Dalgona merupakan salah satu kuliner minuman cafe yang sedang populer di Korea Selatan. Kopi ini dibuat dengan mencampurkan kopi instan, gula, dan air panas dengan proporsi yang sama hingga menjadi krim dan kemudian ditambahkan ke susu dingin atau panas. Kopi ini menjadi menarik karena disajikan dalam bentuk topping cream.

Kita bisa membuat sendiri topping cream tersebut. Bahannya pun mudah didapat dan ekonomis tidak menguras saku kamu loh ! Bahan yang digunakan cukup dengan mencampurkan kopi, gula, dan air, lalu kocok hingga mengembang, biasanya membutuhkan waktu 5-7 menit. Alat kocok yang bisa kamu gunakan juga bermacan-macam ada yang menggunakan mizer listrik, mixer manual, blender hingga saringan teh.

Setelah cream sudah siap, selanjutnya siapkan gelas berisi es batu, tuang susu, dan letakkan dalgona cream di atasnya. Segelas ice dalgona coffee siap menemanimu berbincang dengan keluarga, bekerja maupun  belajar di rumah.

Meski tampak mudah, tapi rupanya banyak juga yang mengeluhkan gagal ketika membuat minuman viral ini. Mulai dari Cream-nya tidak mengembang, terlalu encer, atau rasanya yang terlalu pahit. Rahasianya adalah sesuaikan takaran yang kalian gunakan yakni 1:1:1 artinya antara kopi, gula dan air harus sama takarannya.

“gampang-gampang susah sih, tapi kalo udah jadi ada rasa puas tersendiri, yng penting sabar, pake bahannya Cuma nescoffe, gula dikit, ama air. aku pake mixer biasa, saringan juga bisa kok, pokoknya kocok aja terus” ujar wafiq.

Nah, untuk kalian yang pengen ngerasain sensasi minum kopi ini, boleh di coba dirumah. Eits untuk yang bukan pecinta kopi, jangan berkecil hati, kamu bisa nikmati dalgona dengan aroma non-kopi, caranya gunakan bubuk rasa-rasa yang kalian suka, misalkan matcha, chocolate, dll. Kemudian sajikan sesuai dengan prosedur yang ada.

Ed       : Irnaa

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.