Tips Redam Stres dan Panik di Tengah Pandemi Covid-19

""

PortalArjuna.Net-Pasuruan, Bersabar dan mengolah emosi memang bukan sesuatu yang mudah. Terlebih lagi dalam kondisi dan situasi genting pasca diberlakukannya status darurat pandemi virus corona di Indonesia. Akhirnya stres karena rasa panik dialami oleh masyarakat.

Hampir seluruh masyarakat di desa maupun di Ibukota merasakan kekhawatiran dan kecemasan yang sama. Tingginya kasus pasien positif covid-19 dari hari ke hari, terus menggerogoti rasa aman dan nyaman.

Menurut psikolog dan ilmuwan Mary Alvord, panik adalah respon alami manusia terhadap stres.

“Kita bisa mengalihkan emosi pada diri dengan melakukan berbagai macam aktivitas bersama orang terdekat di rumah. Hal ini dilakukan untuk menghindari tekanan berujung emosi bahkan stres kemudian depresi. Upayakan menolong diri sendiri terlebih dahulu. Bila sudah bisa mengendalikan emosional pada diri sendiri, barulah menjadi tumpuan untuk membantu orang lain,” papar Tara de Thouars saat dihubungi Indozone, Rabu (18/3/2020).

Menjalani aktivitas baru di tengah kondisi darurat seperti saat ini memang terkesan menyebalkan dan membosankan. Akan tetapi kamu harus ingat, membiasakan diri dengan kebiasaan baru memerlukan konsistensi dan proses.

Di awal memang masih terasa tidak nyaman, tapi lambat laun akan terasa nyaman kok. Karena untuk mendapatkan kenyamanan dibutuhkan keberanian untuk mencoba sehingga bisa membuatnya jadi lebih menyenangkan.

“Kurangi atau hindari paparan informasi negatif apalagi hoaks saat ini. Upayakan agar diri kamu tidak fokus pada sesuatu hal negatif dan memicu emosi diri. Carilah informasi yang bisa memberikan kontribusi lebih dalam diri kamu,” ujarnya.

Teruslah melakukan interaksi dan komunikasi dengan keluarga di rumah, karena hal itu bisa menepis kecemasan. Ingat ya, momen kebersamaan akan jauh lebih bermanfaat daripada memikirkan hal-hal buruk yang bisa memicu emosional dalam dirimu. (Intan)

Sumber : Indozone

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.