Jumlah Unduhan Aplikasi Zoom Meningkat Akibat Pandemi Covid-19

""

Image by:zoom official

Portalarjuna.net- Pasuruan, hampir 6 bulan sejak wabah virus Covid 19 ditetapkan sebagai pandemi di berbagai belahan dunia mempengaruhi kebiasaan sebagian masyarakat di dunia untuk mendukung gerakan Stay At Home yang ditetapkan oleh WHO sebagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran virus.

Berbagai kegiatan dan produktivitas dilakukan sebagian orang dengan menggunakan fasilitas internet selama berada di rumah. Penggunaan beberapa aplikasi interaktif marak digunakan akhir-akhir ini seperti aplikasi hiburan Tiktok, Likee, Hago dan lainnya mengalami peningkatan jumlah unduhan pada akhir april, begitupun dengan salah satu aplikasi meeting virtual Zoom, hingga pada sabtu lalu (23/05/20) mengalami peningkatan unduhan sampai saat ini mencapai angka 50 juta unduhan per bulan mei dan dipastikan akan bertambah hingga akhir desember tahun ini.

Kendati demikian, tak menutup kemungkinan jika angka unduhan aplikasi Zoom ini terus meningkat seiring berjalannya waktu, bisa jadi melampaui aplikasi meeting virtual lainnya. Apalagi, platform video conference ini dibekali dengan sederet fitur yang diklaim lebih aman dibanding aplikasi pesaing.

Laporan Learnbonds menuliskan, lonjakan pengunduhan Zoom sebagian besar didorong oleh kantor-kantor yang memungkinkan karyawan untuk bekerja dari rumah dan melakukan panggilan video jarak jauh. Selain itu, entitas lain seperti museum, teater, taman kanak-kanak, sekolah dan banyak bisnis lain telah menggunakan aplikasi seperti Zoom untuk tetap terhubung guna mempertahankan operasi normal.

“Karena banyak orang dipaksa untuk bekerja di rumah, ini mungkin memacu pengembangan sistem pendidikan yang lebih jauh secara global di masa depan,” bunyi keterangan Learnbonds.

Menariknya, ketika pertemuan sosial dilarang di seluruh dunia, Zoom telah menjadi fenomena budaya yang digunakan untuk menyelenggarakan pesta, konser, layanan gereja, dan pertunjukan seni. Popularitas aplikasi Zoom didasarkan pada tata letaknya yang membuatnya mudah untuk berbicara dengan banyak orang, serta memiliki beberapa fitur yang mirip seperti media sosial. (isn/ndr)

Sumber : https://tekno.tempo.co/read/1324176/wabah-corona-bikin-unduhan-aplikasi-zoom-naik-1-270-persen

 

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.