Tips Menjaga Kesehatan Tubuh di Bulan Suci Ramadhan

""

Gambar : illustrasi Dokter jaga MNC health center

PortalArjuna.Net-Pasuruan, Bulan Suci Ramadhan sudah berjalan beberapa hari. Tubuh letih dan lesu, malas beraktivitas berat menjadi salah satu ciri tubuh kurang nutrisi dan energi. Jadi, bagaimana nih tips supaya tubuh tetap segar walaupun sedang berpuasa.

Agar puasa kita lancar tanpa kendala kesehatan tentunya kita harus menerapkan pola hidup sehat. Sering kali seseorang meremehkan stimulus kesehatan tubuh dari pola hidup sehari-hari, padahal menjaga pola hidup sehat merupakan hal yang terpenting untuk menjaga stamina dan kekebalan tubuh. Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan selama bulan Ramadhan. Selengkapnya, berikut tips untuk menjaga kesehatan selama bulan Ramadhan :

1. Tetap mengkonsumsi makanan bergizi

Selama bulan Ramadhan, pola makan kita akan berubah. Tak seperti biasanya, kita hanya akan makan besar dua kali sehari, yaitu pada sahur dan berbuka. Oleh karena itu, kita harus memastikan untuk tetap mengonsumsi makanan yang bergizi dalam kedua kesempatan tersebut.

Sebisa mungkin, kita perlu mengonsumsi makanan yang sehat dan membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Di antaranya, seperti daging, sayur, dan buah-buahan yang kaya akan protein dan vitamin . Bila diperlukan, kita juga bisa mencoba menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi vitamin-vitamin tertentu.

2. Berolahraga Ringan

Di bulan ramadhan ini kita harus tetap olahraga. Tidak perlu mencoba olahraga yang terlalu berat, asalkan badan tetap berkeringat dan bergerak. Misal, dengan melakukan bodyweight training yang ringan ataupun yoga. Bila takut membebani tubuh, kita bisa memilih untuk berolahraga beberapa jam sebelum berbuka.

3. Istirahat yang cukup

Selanjutnya, kita juga perlu menjaga kesehatan dengan beristirahat yang cukup. Ini termasuk dengan menjaga pola tidur yang teratur di malam hari. Sebisa mungkin, hindari terjebak dalam pola tidur begadang, seperti baru tidur sehabis Subuh. Sebab, pola seperti ini hanya akan membuat tubuh lebih lemah dan rentan terkena penyakit.

4. Hindari Minum Air Dingin atau Es

Sebaiknya hindari untuk langsung minum air dingin atau es, karena akan menyebabkan perut kembung. Juga minuman-minuman yang mengandung pemanis buatan (sintetis), karena pemanis ini tidak mengandung kalori, sehingga akan menambah kelesuan karena perut kenyang. Jangan pula mengonsumsi minuman bersoda, karena dapat berakibat buruk terhadap perut.

5. Hindari sikap bermalas-malasan

Tetaplah aktif melakukan kegiatan sehari-hari, termasuk amalan-amalan yang mendatangkan pahala dan olah raga ringan. Selain mengerjakan ibadah utama, Anda bisa menyibukkan diri dengan beberapa aktivitas sosial atau menggunakan waktu luang untuk kegiatan positif. (Taufik)

Sumber : https://kumparan.com/kumparanwoman/tips-menjaga-kesehatan-selama-bulan-ramadhan-di-tengah-corona-1tHH8xs6qRA/full

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.