5 Hal Sederhana yang Harus Dilakukan saat New Normal

""

PortalArjuna.net-Pasuruan, masyarakat sudah merasakan jenuh dengan masa pandemi covid 19 yang tak bisa diprediksi sampai kapan akan berakhir. Kabar gembira, pemerintah mulai menerapkan kebijakan new normal yakni pembaruan atau penataan ulang pasca pandemi Covid-19.

Dampak negatif akibat penyebaran virus ini, dari segi perekenomonian mengalami penurunan drastis, sebab saat pandemi berlangsung masyarakat kesulitan untuk mendapatkan pendapatan dimasa pandemi.

Hal itu pemerintah mengeluarkan kebijakan baru untuk masyarakat bisa bekerja dan melakukan aktivitas harian. Dengan nama “New Normal”, dimana kebijakan ini adalah penerapan hidup baru setelah terkurung dalam situasi pandemi selama beberapa bulan terakhir.

Penerapan new normal tetap mewajibkan masyarakat untuk memenuhi pedoman protokol kesehatan dalam melakukan aktivitas, dengan adanya New Normal aktivitas dapat berjalan dengan seperti biasa tetapi dengan peraturan yang wajib diaati.

Apa saja sih hal sederhana yang harus dilakukan saat New Normal. Berikut 5 hal sederhana yang harus dilakukan ketika normal

1. Selalu bawa barang sederhana sesuai protokoler

Bawalah barang sederhana seperti; tetap memakai masker, membawa hand sanitizer yang mudah dibawa kemana-mana, bawa alat dan makanan pribadi dari rumah serta jangan lupa untuk sedia vitamin.

2. Ketika bertemu orang lain, hindari berjabat tangan

Sudah lama tidak bertemu dengan teman sekolah, kerja ataupun kerabat. Meski dengan adanya New Normal maka tahan dulu untuk tidak berjabat tangan dengan orang lain. Bila bertemu cukup berikan sapaan hangat dengan berjarak saja seperti tersenyum atau melambaikan tangan.

3. Ketika di kendaraan tetap jaga jarak

Dengan adanya new normal pemerintah sudah memperbolehkan untuk menaiki kendaaraan umum tetapi tranportasi sudah sesuai dengan prokoler yaitu dengan maksimal isi penumpang 50%.

4. Ketika sakit, jangan bekerja atau sekolah

Dimasa ini apabila seseorang mengalami sakit makan akan lebih mudah terjangkit virus, tetap jangan memaksakan diri ketika dikondisi seperti ini;

5. Ketika berbelanja tetap jaga jarak

Mencari makanan sehari-hari adalah kebutuhan pokok, di masa pandemi ini karena pusat perbelanjaan adalah pusat berkumpulnya orang, lebih baik tetap jaga jarak dan selalu cuci tangan setelah pergi. (Taufik)

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.