Dampak Positif dan Negatif Masa Pandemi Covid-19 pada Hubungan Keluarga

""

PortalArjuna.net-Pasuruan, Tanpa terasa, banyak perubahan berarti setelah sekitar dua bulan terus berada di rumah. Selama 24 jam berada di rumah berhari-hari jelas memberikan dampak nyata pada suasana keluarga.

Dalam kehidupan keluarga, dampak pandemi Covid-19 bisa dilihat dari dua sisi, baik negatif maupun positif. Secara positif, misalnya, masa karantina mandiri secara tidak langsung memberikan waktu untuk lebih saling mengenal secara mendalam antar-anggota keluarga.

Pandemi secara tidak langsung memberikan kesempatan bagi orang tua untuk lebih mengenal anak-anak mereka. Anggota keluarga bisa saling menyesuaikan dan menyelesaikan persoalan secara bersama-sama.

Sementara dari segi negatif, nyaris selama 24 jam berada di rumah rentan menimbulkan berbagai gesekan. Semakin sering anggota keluarga bertemu, semakin sering gesekan terjadi.

Konflik atau gesekan ini umumnya terjadi akibat perbedaan pendapat. Namun, seyogianya perubahan ini dapat disikapi dengan baik sehingga Anda dan anggota keluarga dapat menyesuaikan diri.

” Untuk menghadapi perbedaan pendapat di dalam keluarga, syaratnya saling percaya dan menerima, artinya apapun pendapat yang mereka berikan jangan serta merta menghakimi itu salah, kita perlu menampungnya terlebih dahulu,” jelas Hida.

Apa pun kondisinya, manusia diharapkan selalu bisa untuk menyesuaikan diri. Penyesuaian tiap orang akan saling berbeda satu sama lain, terutama dalam hal jangka waktu. Ada beberapa orang yang cepat beradaptasi, ada pula yang masih memerlukan banyak waktu.

“Intinya keluarga itu, harus diutamakan. Dijaga kebersamaannya, kita sebagai orang tua harus lebih bisa memahaminya. Kalau timbul konflik karena anak berulah, harus segera mencari solusi terbaik agar anak tidak semakin bandel, ” Pungkasnya.

Dampak positif dan negatif karena tingginya tingkat kebersamaan anggota keluarga di rumah, menciptakan pola pikir baru bagi para orang tua dan anak. (intan)

 

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.