Tips Hemat Kuota Selama di Rumah Saja

""

PortalArjuna.Net-Pasuruan, Selama pandemi Covid-19, kegiatan tatap muka dan aktivitas pertemuan massal harus di kurangi. Bahkan, pemerintah membuat kebijakan agar masyarakat senantiasa menjaga jarak.

Persoalan itu bukan lagi permasalahan yang besar, banyak sekali sekarang aktivitas diganti dengan secara virtual, apalagi teknologi sekarang yang semakin canggih dan sangat memudahkan penggunanya. Namun, untuk penerapannya perlu adanya data internet sebagai daya untuk menggunakan teknologi itu semua.

Sayangnya, apabila terus-menerus menggunakan data internet, nantinya kita akan semakin boros uang hanya karena paket data. Ini dia tips bagaimana hemat data selama di rumah saja :

1. Batasi Penggunaan Data

Seringkali ketika menggunakan ponsel terkadang kita lupa sama waktu hingga penggunaan smartphone di luar batas, dan penggunaan smartphone yang lama sangat sering dilakukan oleh pengguna selama di rumah saja, untuk itu caranya batasi penggunaan data yang digunakan. Ketika batas yang dipilih sampai batas maka sistem akan memberikan peringatan untuk tidak memakai smartphone. Caranya cukup mudah dengan cara langsung melalui menu Settings di Android. Dengan cara ini, saat konsumsi data mendekati batas yang sudah ditentukan, Anda akan langsung mendapat peringatan agar tak melebihi batas.

2. Matikan Data Saat Tidak Terpakai

Saat smartphone sedang tidak dipakai, sebaiknya anda matikan jaringan internet yang sedang aktif. Sebab, ada beberapa aplikasi yang masih aktif dan berjalan di belakang (background), sehingga masih mengonsumsi kuota internet. Untuk itu, agar kuota internet tidak tersedot ke aplikasi yang sedang berjalan, Anda dapat mematikannya terlebih dulu, dengan mematikan data karena selain menghemat kuota internet, Anda juga dapat menghemat konsumsi baterai.

3. Update Aplikasi Hanya Lewat Wi-Fi

Memperbarui aplikasi merupakan salah satu cara untuk membuat perangkat makin optimal. Karena dengan pembaruan tersebut biasanya berisi fitur-fitur terbaru atau solusi dari masalah yang ada di aplikasi. Tetapi selama pembaruan ini biasanya memiliki ukuran yang cukup besar, sehingga menguras kuota internet yang dimiliki. Untuk itu gunakan opsi pembaruan dengan Wi-Fi agar konsumsi data tidak berlebihan.

4. Mengaktifkan Fitur Data Saver di Chrome

Selama kegiatan dirumah saja google chrome sangat banyak digunakan oleh pengguna karena memang hampir seluruh gadget sekarang sudah bekerja sama dengan google. Tapi tau gak sih, bagi anda yang tidak ingin banyak menghabiskan kuota internet, Chrome sudah hadir dengan fitur Data Saver. Bagi Anda yang tertarik menggunakannya, tinggal membuka Chrome lalu pilih menu Settings yang dapat diakses dari pojok kanan atas. Lalu, buka Data Saver dan aktifkan fitur Data Saver.

Itulah tips cara hemat data selama di rumah saja, semoga bermanfaat dan gunakan gadget sebijak mungkin serta gunakan seperlunya saja karena selama pandemi covid 19 teknologi sangat diperlukan bagi aktivitas kita sekarang. ( Taufik)

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.