9 Tips Move On Ampuh dari Para Psikolog

""

Ilustrasi wanita sendirian. ©Pixabay/Free-Photos

PortalArjuna.net-Pasuruan, Saat mengalami patah hati seseorang sering membutuhkan satu penghiburan agar dapat mengurangi rasa sakitnya. Namun ini adalah sesuatu yang harus dihadapi semua orang pada satu titik. Tak ada cara lain untuk meninggalkan patah hati selain dengan melaluinya.

Beberapa tips berikut dapat dijadikan acuan untuk menghindari rasa sakit karena patah hati, agar lekas membaik dan cepat usai.

1. Move On

Move on adalah sebuah proses dan tips yang ditawarkan para psikolog. Cara ini merupakan salah satu tips untuk melewati masalah dengan sehat. Sehingga kita tidak akan terjerumus di dalam serangkaian perilaku yang menyakiti diri sendiri.

Seimbangkan Kenangan Mantan yang Melintas muncul di dalam benak, Jika pikiranmu memunculkan momen-momen bahagia kebersamaan kalian saat weekend, kamu perlu menambahkan momen-momen weekend yang membuatmu marah dan benar-benar sedih.

2. Jangan Kepoin Media Sosialnya
Tidak perlu mengecek media sosialnya. Ini cuma akan memperkuat kehadirannya di dalam benakmu. Akibatnya semakin sulit bagimu untuk berhenti berfantasi tentang dirinya dan hubungan kalian yang sudah kandas.

3. Stop Mempertanyakan Kenapa Hubungan Kalian Berakhir
Tidak perlu terus-terusan mempertanyakan kenapa hubungan kalian berakhir. Ini hanya akan membuatnya terus-terusan menjadi tokoh utama di dalam hidupmu. Terima saja kenyataan apa adanya.

4. Bercermin Kepada Pengalaman

Buatlah daftar apa saja yang seharusnya tidak pernah kamu lakukan, tetapi pernah kamu lakukan demi dirinya. Ini akan membantumu untuk melihat hubungan kalian dengan pandangan yang lebih jernih.

5. Lakukan Hal-Hal Menyenangkan

Cobalah untuk melakukan aktivitas yang biasanya bisa membuatmu gembira, meskipun hal itu tidak terlihat menyenangkan saat ini. Terus ‘bergerak’ seperti ini penting untuk membuatmu terbiasa dengan fakta bahwa hidup terus berjalan, meskipun dia sudah tak ada lagi di sisimu.

6. Singkirkan Barang-Barang Kenangan

Jauhkan barang-barang yang bernilai kenangan dari pandangan mata, misalnya boneka, foto, atau baju pemberiannya. Kalau memang memungkinkan, sumbangkan atau berikan kepada teman atau saudara yang tidak tinggal serumah.

7. Manfaatkan Dukungan Para Sahabat
Hubungi teman-teman terdekatmu dan manfaatkan penghiburan serta dukungan emosional yang mereka berikan.

8. Jangan Turuti Hasrat Sesaat

Boleh saja mengganti gaya rambut, mencari pasangan baru, atau melakukan hal-hal yang belum pernah kamu bayangkan sebelumnya. Tapi lakukan saat kondisi mentalmu sudah stabil.
Kenali semua perasaan Anda, terutama yang impulsif, gelap, dan marah. Tetapi cobalah untuk tidak mewujudkannya menjadi tindakan.

9. Tumpahkan Lewat Tulisan

Tumpahkan segala hal yang kamu rasakan di dalam jurnal. Bisa blog pribadi, jurnal digital, atau diary yang ditulis tangan. Hal ini juga yang dilakukan oleh mendiang B.J. Habibie setelah kematian istrinya. (Hesty)

https://www.merdeka.com/gaya/9-tips-move-on-ampuh-dari-para-psikolog-kln.html

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.