Cara Mudah Beradaptasi Dengan Lingkungan Baru

""

Sumber : @hipwee
Gambar from Google

Portalarjuna.net- Saat berpindah tempat dari satu tempat ke tempat lain, tentu kita juga akan bertemu dengan suasana yang baru, wajah-wajah baru, bahkan kepribadian yang lebih beragam lagi. Untuk bisa menyesuaikan dengan lingkungan yang baru, kita perlu melakukan beberapa hal agar tidak kesulitan berbaur dilingkungan yang baru.

Pertama, jangan langsung berpersepsi bahwa lingkungan baru akan sulit untukmu. Saat pertama kali masuk dalam lingkungan baru, jangan langsung berpikiran kamu tidak bisa diterima atau akan sulit buat kamu menyesuaikan dilingkungan tesebut. Berpikir pesimis seperti itu akan membuat kamu down dan kesulitan dalam berbaur. Singkirkan pemikiran seperti itu, lebih baik kamu menantang dirimu sendiri agar bisa dengan mudah berbaur dilingkuan barumu.

Persiapkan diri dan mentalmu. Sebelum terjun langsung kelingkungan baru, ada baiknya kamu mempersiapkan diri dan mentalmu dahulu. Entah itu lingkungan yang mudah atau sulit bagimu, setidaknya kamu sudah punya mental yang kuat untuk menghadapinya. Mempersiapkan diri terlebih dahulu juga membuat kamu menjadi lebih siap menghadapi sikap dan karakter dari orang-orang yang mungkin saja belum pernah kamu kenal sebelumnya.

Menghargai setiap perbedaan, termasuk budaya dan kebiasaan ditempat yang baru. Saat kamu sudah berada dilingkungan baru, hargailah setiap perbedaan yang ada ditempat tersebut. Jika dilingkungan sebelumnya kamu tidak banyak perbedaan budaya atau cara pandang dengan orang lain, jangan membawah tabiat lama ketempat yang baru. Belum tentu lingkungan barumu juga mempunyai budaya dan kebiasaan yang sama dengan kamu dahulu. Biasakan mempelajari atau setidaknya menerima perbedaan agar kamu lebih mudah diterima ditempat yang baru.

Jangan ragu untuk bertanya dan meminta bantuan. Saat kamu tidak paham atau sedang memerlukan bantuan, berusahalah untuk berinteraksi dengan orang lain. Tanyakan saran atau pendapat orang lain jika kamu memang mengalami kesulitan. Manfaat dari meminta bantuan atau bertanya pada orang lain agar supaya mereka merasa dihargai dan jasa mereka diperlukan oleh orang lain.

Jadilah diri sendiri dan apa adanya. Jangan pernah merubah kepribadianmu agar bisa diterima lingkungan. Jadilah dirimu sendiri dan bersikap apa adanya. Kamu yang hidup dalam drama dan settingan malah akan membuat orang lain ilfil dan menghindari kamu. Percayalah orang-orang disekitar akan menerima dirimu apa adanya. Kalau kamu memang sifat dasarnya pendiam, gak perlu jadi banyak bicara agar bisa disukai orang lain. Kamu yang pendiam juga lama kelamaan akan dipahami oleh orang lain (dhea)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.