Hadapi Corona, Gresik Alih fungsi Stadion Sepakbola

""

PortalArjuna.net-Gresik, Stadion sepak bola berkapasitas 25 ribu penonton, Joko Samudro Gresik, bakal dialihfungsikan sementara waktu sebagai tempat atau pondok rehabilitasi dan observasi virus corona (Covid-19) Jawa Timur.

Stadion ini akan menjadi tempat untuk perawatan, serta isolasi bagi pasien yang terkonfirmasi Covid-19 dengan gejala ringan, hingga pasien sembuh yang masih butuh isolasi dan observasi.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa pun memberikan apresiasi kepada Bupati Gresik Sambari Halim Radianto yang menginisiasi stadion di daerahnya sebagai gedung perawatan Covid-19.

“Inisiasi seperti ini kami sangat apresiasi karena bisa mempercepat layanan pasien ringan sampai sedang serta mengurangi beban dan penumpukan di RS rujukan yang menangani Covid-19,” kata Khofifah, Senin (20/7).

Khofifah juga mengapresiasi Sambari yang telah mempersiapkan ruang isolasi di stadion tersebut, dengan membaginya menjadi kategori zona hijau, kuning dan merah.

Zonasi tersebut dibedakan berdasarkan kualifikasi yaitu zona hijau dipergunakan untuk tenaga kesehatan dan administrasi. Kemudian, zona kuning dipergunakan untuk pasien yang tidak memiliki gejala tapi positif.

Sedangkan zona merah dipergunakan bagi pasien yang memiliki gejala sedang dan atau sudah selesai menjalankan perawatan tapi masih membutuhkan rehabilitasi.

Untuk itu, Gubernur Khofifah meminta agar Pondok Rehabilitasi dan Observasi Pasien Covid 19 di Stadion Joko Samudro ini segera difungsikan.

“Tapi sebelumnya harus dipastikan terlebih dahulu bahwa siap untuk dioperasionalkan, baik kesiapan tenaga kesehatan maupun alat kesehatannya. Sedangkan sistem pelayanan dan jaringan kerjanya menurut saya sudah cukup baik,” kata dia. (Asyrafi)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.