Daftar 12 Makanan Penambah Hb yang Ampuh untuk Penderita Anemia

""

PortalArjuna.Net-Pasuruan, Kondisi kekurangan Hb atau hemoglobin sebaiknya tidak disepelekan. Ada banyak gejala menjengkelkan yang bikin aktivitas sehari-hari jadi terganggu. Salah satu caranya meningkatkan kadar hemoglobin di dalam darah secara alami melalui makanan penambah Hb.

Berikut 12 makanan yang mudah ditemukan dan dapat meningkatkan Hb dalam tubuh.

1. Makanan mengandung zat besi

Seseorang yang memiliki Hb rendah, disarankan untuk mengonsumsi makanan mengandung zat besi. Sebab, zat besi bisa meningkatkan produksi Hb dan juga sel darah merah. Maka dari itu, cobalah beberapa makanan mengandung zat besi seperti, Daging sapi, Daging ikan, Tofu dan edamame, Telur, Brokoli, Bayam Kacang hijau, Selai kacang.

2. Makanan mengandung vitamin C

Makanan penambah Hb selanjutnya adalah makanan yang mengandung vitamin C. Zat besi tidak bisa diserap dengan baik, jika tubuh kekurangan vitamin C. Maka dari itu, makanan mengandung vitamin C, bisa meningkatkan kadar Hb di dalam tubuh. Konsumsilah buah-buahan lezat seperti jeruk, lemon, tomat, berry, dan buah lain yang mengandung vitamin C lainnya.

3. Makanan mengandung asam folat

Asam folat adalah vitamin B kompleks yang dibutuhkan tubuh, untuk memproduksi sel darah merah. Kalau jumlah asam folat dalam tubuh rendah, maka kadar Hb juga bisa menurun. Maka dari itu, makanan-makanan seperti kacang-kacangan, pisang, brokoli, hati, sayuran berdaun hijau seperti bayam, sangat dianjurkan.

4. Makanan yang mengandung beta karoten

Beta karoten adalah sebuah pigmen yang ditemukan pada tumbuhan dan buah. Mengonsumsinya bisa membantu tubuh untuk menyerap dan menggunakan zat besi, lebih baik. Beberapa makanan mengandung beta karoten, seperti wortel, kentang, mangga, labu, hingga cantaloupe (melon berwarna jingga), bisa Anda coba.

5. Buah delima

Buah delima adalah salah satu makanan penambah Hb terbaik. Buah berwarna merah yang menyegarkan ini, mengandung zat besi, kalsium, karbohidrat, dan serat. Berkat nutrisi yang dimilikinya, buah delima sangat laku di kalangan penderita Hb rendah.Minumlah jus buah delima, atau makanlah secara langsung dengan rutin, untuk memastikan kadar Hb di dalam sel darah merah Anda, kembali ke jumlah normal.

6. Kurma

Kurma adalah buah kering yang dilengkapi zat besi. Rasanya yang manis, menjadikannya sebagai camilan pilihan. Bagi Anda dengan kadar Hb rendah, kurma bisa menjadi makanan penambah Hb, yang ampuh. Namun, banyak dokter yang tidak merekomendasikan kurma, bagi penderita diabetes. Sebab, kandungan gula di dalamnya, cukup tinggi.

7. Buah semangka

Selain lezat, buah semangka juga menyegarkan. Bagi Anda yang membutuhkan zat besi dan vitamin C, tapi tidak ingin mengonsumsi terlalu banyak makanan, buah semangkalah solusinya. Buah berukuran besar yang sangat menyegarkan ini, mengandung zat besi sekaligus vitamin C.Selain menambah kadar zat besi di dalam tubuh, buah semangka juga membantu tubuh untuk menyerap dan menggunakan zat besi itu, dengan baik.

8. Hati ayam

Hati adalah makanan penambah Hb yang sangat kaya akan zat besi. Jangan kaget ketika mendengar kandungan zat besi dari organ hati ayam, sebab jumlahnya memang sangat tinggi. Selain hati ayam, hati sapi juga bisa jadi pilihan. Sekitar 100 g hati ayam, mengandung 9 mg zat besi.

9. Daging merah tanpa lemak

Daging merah tanpa lemak, seperti daging sapi yang sering dijadikan steak itu, menjadi makanan penambah Hb selanjutnya. Makanan lezat ini mengandung zat besi yang tinggi, sehingga mampu meningkatkan kadar Hb dalam darah Anda.Sekitar 85 gram daging merah, mengandung 2,1 mg zat besi.

10. Udang

Makanan laut yang digemari banyak orang ini ternyata masuk dalam daftar makanan penambah Hb, lho. Sekitar 100 g udang, ternyata mengandung 3 mg zat besi.

11. Jamur kancing

Jamur kancing putih atau Agaricus bisporus, memiliki kandungan zat besi yang cukup melimpah. Itulah sebabnya ia masuk ke dalam daftar makanan penambah Hb. Setiap 100 gram jamur kancing putih, terdapat 1,7 miligram zat besi di dalamnya.

12. Cokelat hitam

Cokelat hitam adalah camilan mewah yang sangat lezat dan juga menyehatkan. Tahukah Anda kalau cokelat hitam juga mengandung zat besi?Atas kandungan zat besi inilah cokelat hitam layak masuk ke dalam daftar makanan penambah Hb. Setiap 28 gram cokelat hitam, terdapat 3,4 miligram zat besi di dalamnya.

Kadar Hb termasuk dalam kategori rendah, jika kandungannya kurang dari 13,5 gram g/dL untuk pria, dan 12 g/dL untuk wanita. Setidaknya, pria harus memiliki kadar Hb mencapai 13,5-17,5 g/dL. Sementara itu, kadar Hb normal wanita adalah 12,5-15,5 g/dL.

Jika mengalami hemoglobin rendah, cobalah beberapa makanan penambah Hb di atas, dan yang terpenting, berkonsultasilah dengan dokter. (Irna)

https://www.sehatq.com/artikel/9-makanan-penambah-hb-yang-lezat-dan-mudah-dicari

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.