Makanan Kaya Manfaat, Beberapa Buah ini Ampuh Kurangi Kadar Kolesterol Dalam Tubuh

""

Gambar : foto from google

PortalArjuna.net-Pasuruan, Tingginya kadar kolesterol jahat (LDL) dapat memicu penyakit jantung. Dalam hal ini, makanan yang kamu makan memiliki dampak besar pada kadar kolesterolmu. Karena itu, kamu bisa mengonsumsi beberapa buah yang dianggap mengurangi kadar kolesterol tinggi.

Berikut beberapa makanan yang dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh kalian.

1. Alpukat

Alpukat adalah makanan penurun kolesterol yang kaya nutrisi dan lemak tak jenuh. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi 1 alpukat setiap hari dapat membantu kesehatan jantung, terutama dalam meningkatkan kadar kolesterol jahat LDL pada kasus obesitas.

2. Jeruk


Jeruk mengandung kadar vitamin C, kalsium, dan pektin yang tinggi, sehingga selain membuatnya terasa segar, jeruk juga dapat mengurangi kolesterol dalam tubuh. Jeruk adalah buah yang kaya akan flavonoid, antioksidan yang memiliki efek mengurangi kolesterol jahat (LDL).

3. Pisang

Seperti dijelaskan oleh ahli gizi dari Good Housekeeping di Amerika Serikat, Jaclyn London, MS, RD, CDN, pisang juga merupakan salah satu buah penurun kolesterol. Dalam sistem pencernaan, pisang akan mengikat kolesterol sehingga tidak bisa masuk dan menyumbat pembuluh darah.

4. Berries


Buah-buahan seperti stroberi, blueberry, dan blackberry adalah sumber antioksidan yang dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Selain itu, kandungan serat yang tinggi dalam buah-buahan tersebut membantu menghentikan produksi kolesterol.

Nah, itulah beberapa buah yang bisa kamu konsumsi agar kolesterolmu menurun. Perlu diketahui juga mencegah lebih baik daripada mengobati. (Irnaa)

Sumber : Viva.co.id

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.