Begini Cara Mengatasi Perasaan Insecure

""

Sumber : @moodcewek

PortalArjuna.Net-Pasuruan, Apakah kamu sering mengalami insecure? Perasaan ini tak terhindarkan dan dialami oleh hampir semua orang. Ada banyak hal yang bisa membuat insecure, seperti wajah, penampilan, nilai IPK atau membandingkan kehidupan sendiri dengan orang lain.

Apakah kamu lelah dengan perasaan insecure dan ingin menghentikannya? Simak tips ini yuk!!

1. Jadilah sahabat untuk diri sendiri

Terkadang, kita menilai diri sendiri terlalu keras. Padahal, saat sedang insecure, kita harus memperbanyak self love, bukan self judging. Menurut Karol Ward di laman Well and Good, kita harus bisa menerima kenyataan kalau kita merasa insecure sembari mencari cara untuk mengatasinya.

Tidak perlu menunggu orang lain, kamu bisa menjadi sahabat untuk dirimu sendiri. Katakan pada diri sendiri hal-hal baik yang bisa memulihkan kepercayaan diri.

Misalnya, “Terima kasih telah berusaha. Besok kita coba lagi.” ketika kita berupaya memperoleh pekerjaan, tetapi tidak kunjung mendapatkannya.

2. Tinggalkan teman toxic yang sering menjatuhkanmu

Sadar atau tidak, teman toxic ada di sekitar kita. Mereka ada di sekeliling kita dan kerap melontarkan komentar-komentar negatif yang membuat kita insecure. Memiliki teman toxic tidak membuat kehidupan kita lebih baik, justru sebaliknya, mereka akan membuat kita insecure dan overthinking sepanjang waktu.

Jika kamu memerlukan saran dan dukungan, pergilah ke orang-orang yang selalu mendukungmu dan memberikan komentar positif, konstruktif dan membangun. Batasi interaksi dengan teman toxic dan jauhi mereka. Just cut them off, for your better mental health!

3. Lakukan langkah kecil untuk membangun kepercayaan diri

Menghilangkan perasaan insecure tidak terjadi dalam semalam. Ini adalah perjalanan panjang, jadi persiapkan langkah-langkah kecil untuk membangun kepercayaan diri. Menurut Karol Ward, kita harus mendorong diri sendiri keluar dari zona nyaman untuk mengatasi insecure, ujarnya di laman Well and Good.

Apabila hambatan kita adalah insecure pada diri sendiri, kita perlu melakukan self love dan menerima diri kita sepenuhnya. Tetapi, jika hambatan kita adalah social insecurity (semacam social anxiety), beranikan diri untuk say hi dan berkenalan dengan orang baru. Hal-hal kecil ini akan membuat kepercayaan dirimu meningkat.

4. Berikan self reward ketika kita berhasil melawan rasa insecure

Ketika kamu berhasil mengatasi rasa insecure, pastikan kita menyadarinya, ucap Karol Ward di laman Well and Good. Misalnya, ketika kita berani speak up tentang kebiasaan buruk pasangan yang tidak kita sukai atau berhasil melakukan presentasi dengan baik.

Rayakan hal-hal kecil ini dengan menghadiahi diri sendiri. Tak perlu mahal, kamu bisa menghadiahi diri sendiri dengan es krim, cokelat atau skincare yang kita inginkan sejak lama. Menurut Karol Ward di laman Well and Good, momentum ini akan meningkatkan kepercayaan diri kita.

5. Habiskan waktu dengan orang-orang yang menghargai keberadaanmu

Bestfriend make our life better. Ketika kita dikepung dengan perasaan insecure, tidak ada salahnya untuk curhat ke sahabat.

Hal ini ditegaskan oleh Therese J. Borchard di laman PsychCentral. Dikelilingi oleh orang-orang yang suportif akan membantu mengatasi rasa insecure kita.

Sahabat atau orang lain yang memahami kita tidak akan cepat men-judge. Alih-alih, mereka selalu mengingatkan tentang hal-hal baik yang telah kita lakukan. Mereka juga tak segan untuk membantu apabila kita menghadapi masalah. So, reach them out if you had any problem! (dhea)

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.