Berikut Tips Menghilangkan Bau Amis pada Ikan saat Memasak

""

Sumber @asesmeindo

PortalArjunaNet- Pasuruan, Makan paling enak kalau lauknya pakai ikan yang kaya akan nutrisi untuk tubuh. Tak hanya kenyang tapi juga bagus untuk kesehatan. Tapi sayangnya, masih ada beberapa yang belum tahu cara yang benar mengolah ikan agar menjadi lezat tanpa bau amis.

Yang pertama Perasan jeruk nipis dan garam sangat ampuh menetralisir bau amis yang ada pada ikan. Caranya pun juga sangat mudah. Bersihkan ikan menggunakan air yang mengalir, buang sisik dan insang ikan.

Setelah bersih, balurkan campuran garam dan perasan jeruk lemon pada bagian-bagian ikan secara merata. Diamkan hingga 10-20 menit. Kemudian bilas hingga bersih menggunakan air hangat. Dijamin ikan bebas dari bau amis dan siap dimasak lezat untuk disantap.

Air asam jawa juga memiliki khasiat menghilangkan bau amis dari ikan lho. Caranya juga sangat mudah. Bersihkan ikan dari sisik dan insang menggunakan air bersih yang mengalir

Larutkan asam jawa pada seperempat air atau sesuai dengan banyak ikan yang akan dibersihkan. Kemudian rendam ikan hingga 10-15 menit. Setelah itu bilas ikan hingga bersih dan akan lebih baik jika membilasnya menggunakan air hangat. Ikan siap dimasak

Jahe juga bisa, Jahe bukan sembarang rempah-rempah lho. Selain berkhasiat sebagai seduhan hangat. Jahe juga mempunyai manfaat sebagai penghilang bau amis pada ikan nih. Aroma jahe tidak akan mengganggu rasa ikan yang kamu olah, jadi jangan khawatir ya.

Caranya mudah, bersihkan terlebih dahulu ikan dari sisik dan insang menggunakan air bersih yang mengalir. Kemudian balur parutan jahe atau bubuk jahe ke bagian ikan hingga merata.

Tunggu hingga 10-15 menit ya. Setelah itu bilas ikan menggunakan air hangat agar mendapatkan hasil yang lebih baik. Ikan siap diolah.

Ini juga ada Apel salah satu buah yang bukan saja nikmat dimakan sebagai pencuci mulut. Apel juga bermanfaat sebagai penghilang bau amis pada ikan. Caranya adalah bersihkan ikan terlebih dahulu dari sisik dan insang menggunakan air bersih yang mengalir. Lalu iris tipis buah apel, rendam pada air atau minyak yang akan digunakan untuk mengolah ikan.

Setelah irisan apel layu, angkat irisan apel. Dan larutan apel atau minyak rendaman apel bisa digunakan untuk memasak ikan sesuai dengan kebutuhan. Dijamin larutan/minyak rendaman apel bisa menetralisir ikan dari bau amis.(dhea)

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.