Kuatkan Ekonomi Lokal, Mahasiswa Umsida Latih Pemasaran Online UMKM

""

PortalArjuna.net-Pasuruan, Mahasiswa KKN Tangguh 10 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) memberikan pelatihan pemasaran online kepada pelaku UMKM di Desa Rembang, Kecamatan Rembang, Kabupaten Pasuruan.

Pelatihan pemasaran online yang dilakukan secara individu tersebut salah satunya menyasar pelaku UMKM pengerajin tusuk sate. UMKM tusuk sate itu mengalami kemerosotan pemasaran 20 persen sejak pandemi.

Nurul Yakin mahasiswa KKN Tangguh 10 Umsida mengatakan keterampilan memasarkan produk secara online sudah menjadi kebutuhan para pelaku UMKM. Dirinya berharap dengan kemampuan itu, pelaku UMKM dapat meningkatkna penjualan produknya.

“Kita fasiltasi pelatihan-pelatihan dasarnya. Seperti pengenalan dan pembuatan beberapa media sosial yang tepat untuk pemasaran online,” katanya, Kamis (24/9/2020).

Jaenab salah satu pelaku UMKM tusuk sate yang mendapatkan pelatihan pemasaran online mengapresiasi dan merasa terbantu sekali dengan program Mahasiswa KKN Tangguh 10 Umsida.

“Alhamdulillah, dari pendampingan dan pelatihan pemasaran online ini selama satu bulan penjualan kami mengalami peningkatan 5 persen, ” ungkapnya bersyukur.

Yakin berharap pelatihan ini merupakan awal yang positif untuk memajukan kembali UMKM Tusuk Sate seperti milik ibu Jaenab yang telah memiliki akun media sosial halaman facebook (Tusuk Sate Sultan) dan instagramnya (@tusuksate_sultan).

“Semoga bisa bermanfaat dan dipergunakan seterusnya demi kemajuan UMKM desa,” harapnya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.