Perhatikan!! Berikut Cara Efektif Merawat Jari Kaki saat Patah Tulang

""

PortalArjuna.Net-Pasuruan, Munculnya rasa sakit, bengkak dan jari kaki yang berubah menjadi kemerahan.

Kulit di sekitar area yang cidera juga akan mengalami memar dan terkadang darah beku akan berkumpul tepat di bawah kuku jari kaki. Anda akan mengalami kesulitan berjalan dan memakai sepatu.

Berikut ini cara efektif untuk merawat jari kaki yang mengalami patah tulang di rumah hingga sembuh:

1. Untuk jari-jari kecil, letakkan kain kasa atau kapas di antara jari yang cidera dan jari lainnya yang tepat ada di sebelahnya. Rekatkan kedua jari bersama-sama dengan plester, dan jari yang sehat akan berperan sebagai penyangga bagi jari yang cidera

2. Gunakan sepatu dengan sol yang kaku atau sepatu bedah berpenyangga khusus untuk membantu pergerakan tubuh.

3. Letakkan kaki lebih tinggi dari permukaan tubuh selama mungkin, seperti dengan cara mengistirahatkan kaki di atas bantalan sofa untuk mengurangi pembengkakan dan rasa sakit.

4. Bungkus es dalam kain dan kompreksan ke jari kaki yang cedera selama 15-20 menit setiap 1 hingga 2 jam sekali pada dua hari pertama.

5. Jangan terlalu banyak menggunakan kaki untuk aktivitas berjalan atau berdiri. Jangan membebani jari-jari kaki dan hindari aktivitas yang dapat memperberat retakan pada jari kaki. Aktivitas normal dapat kembali dilakukan begitu pembengkakan mereda dan sepatu biasa sudah dapat kembali Anda kenakan tanpa merasa sakit.

6. Konsumsi obat penghilang rasa sakit tanpa resep seperti ibuprofen. Hindari pemberian aspirin pada anak yang berusia di bawah 16 tahun.

Jika patah tulang jari termasuk dalam kondisi serius, prosedur reduksi (pengembalian posisi tulang ke posisi semula) harus dilakukan oleh ahli bedah setelah dilakukan pemeriksaan menggunakan X-ray dan penyuntikan bius lokal di area yang mengalami cidera.

Hanya jika patah tulang sangat serius biasanya diperlukan pembedahan untuk memasang pen khusus yang berfungsi sebagai penyangga tulang yang patah selama proses penyembuhan dan penyambungan alami terjadi. Jika terjadi luka terbuka, luka harus dibersihkan secara rutin untuk menghindari infeksi dan tetanus. Karena itu, konsultasi pada dokter mutlak diperlukan pada patah jari kaki dengan luka terbuka. (Irnaa)

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.