Pesan Romo Kyai Untuk Mahasiswa, Bertajuk Jadilah Orang Indonesia Seutuhnya

""

Gambar : Potrait Romo Kyai saat sambutan pada apel pembukaan PaSOPaTi (9/08)

PortalArjuna.net- Pasuruan, Dalam pelaksanaan apel PaSOPaTi 2020, Romo KH. Sholeh Bahruddin memberika pesan singkat kepada seluruh Mahasiswa khususnya Mahasiswa baru Universitas Yudharta Pasuruan, untuk tetap memegang teguh Pancasila.

Di Universitas Yudharta Pasuruan, Mahasiswa akan dicetak sebagai ilmuwan yang beretika serta dibentuk agar memiliki karakter yang pancasilais dan religius.

“Saya ini dibawa kemana sih di Universitas Yudharta?? Dijawab, satu dicetak sebagai ilmuwan yang memiliki etika. Terus dicetak bagaimana karakter kita?? Dicetak sebagai Mahasiswa berideologi pancasilais dan religius, ” dawuh Romo Kyai selaku Pengasuh Pondok Pesantren Ngalah.

Dalam sambutan di acara apel PaSOPaTi tersebut, beliau juga berpesan agar seluruh Mahasiswa tetap belajar. Walaupun sampai ke luar negeri. Namun, harus tetap berideologi dan berbudaya layaknya masyarakat Indonesia.

“Silahkan pergi studi ke luar negri tapi hanya ilmunya saja yang di bawa ke Indonesia, Ideologi dan Budayanya jangan dibawa ke Indonesia. Karena kita memiliki ideologi dan budayanya sendiri, ” dawuh Romo Kyai.

Dalam hal ini, ideologi yang dimaksud adalah ideologi pancasila. Bukanlah ideologi yang asal-asalan, Romo yai juga menyatakan bahwa penciptaan pancasila berdasarkan 3 rujukan utama yakni merujuk pada piagam madinah, piagam najron, dan piagam ailiyah.

“Pancasila sebagai ideologi Indonesia di ciptakan tidak asal-asalan tetapi berdasarkan 3 rujukan. (Piagam Madinah, piagam Najron, piagam Ailiyah), ” Sambung beliau.

Selain itu, beliau juga memberikan pesan agar seluruh Mahasiswa, apabila berkesempatan belajar di luar negeri untuk selalu berprinsip dan berideologi Pancasila, serta tidak meninggalkan budaya Indonesia.

Oleh sebab itu, dimanapun kamu belajar bawalah pulang ilmunya saja, ideologi dan budayanya jangan. Karena Indonesia sudah memiliki Ideologi dan budaya sendiri.

Rep : Rena, Arti

Ed : Irnaa

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.