Awas!! Denda Rp. 2 Juta Untuk Pembuang Sampah Ke Sungai

""

Gambar: Spanduk Larangan dari Pemerintah Kabupaten Pasuruan

PortalArjuna.Net-Purwosari, Sampah jadi salah satu masalah yang berlarut-larut di Dsn. Sukun, Desa Bakalan, Kecamatan Purwosari misalnya. Kebiasaan masyarakat buang sampah sembarangan baik  di tempat umum maupun di sungai, memunculkan aturan yang memuat denda bagi pembuang  sampah sembarangan. Pada peraturan tersebut tercantum Perda Irigasi No. 3 Tahun 2012 Pasal 58, barang siapa melanggar akan di kenakan sanksi administrasi sebesar Rp.2.000.000 (dua juta rupiah)

Ketua pergerakan pemuda di desa tersebut, Sulaiman setuju dengan denda yang akan dikenakan kepada orang – orang yang membuang sampah sembarangan.”Biar kapok. Selama ini kan memang  masih banyak orang yang buang sampah seenaknya di jalan maupun di sungai.” ujar Sulaiman.

Ia kerap menjumpai orang dengan santai tanpa beban membuang sampah di sungai, terutama yang tempat tinggalnya dekat dengan sungai. Padahal sudah banyak disediakan tempat sampah di berbagai sudut trotoar.” Apa mereka itu yang buang sampah tidak punya kesadaran. Menjaga kebersihan sungai itu sangat penting.” tutur Sulaiman. Memang tidak sedikit masyarakat yang membuang kantong sampah ke sungai.

Sulaiman mengaku, bahwa soal pengawasan pembuangan sampah sembarangan ini, sudah terbagi dengan pemuda Dsn. Sukun, Desa Bakalan, Kecamatan Purwosari. (MAS)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.