Inilah Beberapa Persyaratan Pendakian Gunung Arjuno-Welirang Era New Normal

""

PortalArjuna.net-Pasuruan, Gunung Arjuno adalah salah satu gunung favorit para pendaki. Selain track-nya yang terjal dan pemandangan yang indah, Gunung Arjuno juga terkenal dengan cerita mistisnya, hal itu yang menjadi daya tarik tersendiri. Gunung Arjuno-Welirang bisa di capai melalui 4 jalur resmi pendakian, yaitu jalur Tretes, Purwosari, Lawang dan Sumberbrantas.

Pendakian di Arjuno-Welirang via Tambaksari dan Tretes dibuka kembali pada tahap ujicoba mulai 12 Oktober 2020, setelah ditutup sejak awal tahun 2020 yakni sekitar pertengahan bulan Januari setelah kebakaran serta pandemi virus yang berlangsung.

“Gunung Arjuno Welirang ujicoba pembukaan pendakian untuk jalur Tambaksari dan Tretes mulai tanggal 12 Oktober 2020” ujar Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soerjo Ahmad Wahyudi dalam keterangan di akun instagram @tahuraradensoerjo.official.

Sebelum melakukan pendakian ke Gunung Arjuno kita perlu mempersiapkan diri dan perlengkapan pendakian. Para pendaki diimbau untuk terlebih dahulu melakukan registrasi online di website resminya https://sipenerang.tahuraradensoerjo.or.id setelah itu kita bisa mencetak formulir registrasi yang dikirim via email.

Adapun pembayaran dapat dilakukan di pos masuk pendakian dengan menyertakan bukti e-simaksi yang telah di print. Untuk wisatawan lokal tarifnya Rp.11.000/orang perhari. Dan untuk wisatawan mancanegara tarifnya Rp.201.000/orang perhari.

Selain registrasi online, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan para calon pendaki.

• Lembar e-simaksi disetujui dan di print

• Dilarang memakai sandal

• Pendaki dibawah umur 17 tahun harus menyertakan izin orang tua

• Membawa trash bag/kantong sampah

• Surat keterangan sehat

• Membawa identitas KTP/SIM/KTM

• Membawa masker dan hand sanitizer per orang

• Rombongan yang beranggotakan lebih dari 10 orang wajib membawa surat rapid test

• Pendaki turun di pos yang sama atau dilarang lintas

Selain hal di atas, para calon pendaki juga wajib mengetahui contact person masing-masing pos, baik Tambaksari maupun Tretes. (LY)

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.