Puskesmas Karangrejo Gelar Penyuluhan Narkotika dan Psikotropika di Pondok Pesantren Walisongo

""

PortalArjuna.net-Pasuruan, kegiatan penyuluhan NAPZA (Narkotika dan Psikotropika) yang diadakan oleh Dinas Kesehatan Puskesmas Desa Karangrejo dihadiri sekitar 80 peserta dari santri putra pondok pesantren Walisongo. Maksud dan tujuan dari acara ini untuk mengenalkan bahaya narkoba sedini mungkin kepada santri pada Selasa siang (24/11).

Dinas Kesehatan Puskesmas Karangrejo menjelaskan dengan rinci kepada Santri Pondok Pesantren Walisongo mulai dari pengertian narkotika dan psikotropika, hal yang dapat menyalahgunakan narkoba, cara pencegahan, dan ancaman hukuman bagi pengguna narkoba.

Selain itu penyuluhan tersebut memberikan edukasi agar para santri tidak terjerumus pada penyalahgunaan narkoba. dalam penyuluhan tersebut para santri diberikan pemahaman tentang bahaya Narkoba dan sanksi Hukum sesuai dengan Undang-undang No.35 tahun 2009 tentang Narkotika dan UU No. 36 tahun 2009 tentang Narkotika, sehingga mereka dapat memahami bahwa narkoba menjadi musuh besar saat ini.

Narkotika/Narkoba adalah Zat atau obat dari tanaman, sintesis/semi sintesis yang mempunyai efek turun atau berubahnya rasa sadar, kurang sampai hilangnya rasa nyeri dan dapat menimbulkan rasa ketergantungan. Contohnya: ganja, heroin, cocain, opium (Papaver Somniferum) dan lain-lain.

Psikotropika (KO) adalah zat atau obat alami maupun sintesis yang merusak melalui susunan saraf pusat yang menyebabkan perubahan khas pada interaksi mental pengguna. (Sabu-sabu, Mfetamin, magadon, extaxcy). Bahan Aditif bahan atu zat bukan narkotika dan psikotropika yang menyebabkan ketergantungan. Contoh: Alkohol, Kafein, Nikotin, Spirtus, Tiner, Bensin.

 

Reported by : Rosalina W

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.