Air Limbah Penyebab Gagal Panen di Desa Watesnegoro

""

PortalArjuna.Net-Mojokerto, Diduga tercemar air limbah tanaman padi sawah warga petani Watesnegoro-Ngoro-Mojokerto rusak. pihak petani banyak yang gagal panen dan juga sudah lama dialami oleh warga perumahan maupun yang punya tanaman di sawah, Minggu (27/12/2020)

Menurut petani sekitar air limbah berasal dari satu pabrik di Manduro yang secara ilegal menyalurkan saluran pembuangan dari pabrik ke sungai-sungai, awalnya padi biasa-biasa saja, tapi lama kelamaan padi tidak tumbuh besar, malah daunya mulai kekeringan dan padi mulai hangus tidak dapat dipanen.

Mistari menyatakan bahwa tidak ingin pabrik yang mengairi air limbah itu ditutup, dia tahu bahwa pabrik itu memperkejakan banyak orang yang mencari nahkah, tetapi dengan satu syarat dari pihak pabrik sebelum mengalirkan air limbah maka harus di sterilkan dulu.

Pasalnya, akibat adanya limbah perekonomian petani mulai menurun, sebagian petani gagal memanen padi, sudah menguras tenaga, Tetapi hasilnya minimum. dan untungnya saya alihkan menanam semanggi alhamdulillah hasilnya baik, ungkap Mistari.

Menurut informasi warga sejauh ini sudah komplain ke aparat desa, namun masih belum terselesaikan, terpaksa memasang PDAM untuk memulai menanam padi lagi, kalau kita teruskan memakai air limbah, maka yang rugi kita sendiri tidak dapat memanen dengan maksimal, tuturnya.

 

(UH)

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.