Baca Kitab Kuning Menjadi Syarat Kepulangan Santri PonPes Walisongo di Libur Maulid Nabi

""

PortalArjuna.net-Pasuruan, masa libur Maulid Nabi adalah masa yang ditunggu-tunggu oleh semua santri PonPes Wali Songo, pada tahun 2020 ini libur maulid nabi jatuh pada tanggal-28/10/2020.

Tidak mudah bagi santri, PonPes Wali Songo untuk menuju liburan ini, berbagai persiapan telah di persiapkan salah satunya adalah persiapan ujian baca kitab kuning, pengurus PonPes Wali Songo, menetapkan ujian baca kitab kuning sebagai syarat mutlak kepulangan santri di libur Maulid Nabi.

“Dalam agenda liburan ini, tidak semua santri diperbolehkan untuk pulang, khusus santri yang tidak boleh pulang adalah santri yang rumahnya berada di daerah zona merah,” kata ketua pondok Yunus Rudianto.

Dalam hal ini Yunus berharap agar semua santri yang sedang liburan dirumah tidak sering-sering keluar dari rumah,dan harus selalu mejaga kesehatan, dan rutin melakukan olahraga, sering berjemur agar imun tubuh kuat.

Dan juga ketua madin PonPes Wali Songo, M. Nur Fauzy menegaskan kenapa agenda tes baca kitab di PonPes Wali Songo ini diselenggarakan setiap menjelang liburan. “Jadi kenapa agenda tes baca kitab kuning kami selenggarakan setiap menjelang liburan? Karena kami ingin menguji seberapa keseriusan teman-teman santri ketika menangkap pelajaran dikelas. Kenapa juga harus dihadiri walisantri? ya karena agar walisantri tahu sudah sampai mana pencapaian anaknya selama menimba ilmu di PonPes Wali Songo,” imbuhnya.

“Teknis dalam ujian bacan kitab ini adalah kami menguji teman-teman santri untuk membaca kitab kuning yang nanti itu di kupas satu-persatu hukum bacaan nahwu shorofnya dari perbab pelajaran yang sudah kami ajarkan, lalu setelah semua sudah memenuhi syarat, kami akan meloloskan, kalau belum memenuhi kami suruh untuk mundur untuk mempelajari lagi dan bagi santri yang sudah lulus pengujian materi ini baru dia boleh pulang,” kata penguji tes baca kitab Nasyihudin. (nh)

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.