Hujan Lebat, Enam Desa Di Kecamatan Winongan Pasuruan Teredam Banjir

""

PortalArjuna.net-Pasurauan, Hujan lebat yang mengguyur wilayah Kecamtan Winongan mengakibatkan sejumlah desa terendam banjir, pada Minggu (13/12/20). Seperti yang terpantau pada Minggu petang, akibat hujan dengan intensitas lebat hampir 2 jam lamanya. Setidaknya 6 desa dan ratusan rumah warga terendam air rata-rata setinggi 50 cm hingga 1 meter. Beberapa desa yang terendam banjir di Kecamatan Winongan yakni Desa Bandaran, Desa Prodo, Desa Lebak, Desa Karangsono, Desa Sruwi dan Desa Winongan Kidul.

Dari hasil konfirmasi yang disampaikan oleh Kepala BPBD Kab.Pasuruan, Tectano menjelaskan ” Banjir yang melanda 6 desa di Kecamatan Winongan akibat dari luapan Sungai Prodo dan Kali Semut yang mana debit air tidak dapat ditampung oleh kedua sungai tersebut dan akhirnya masuk ke pemukiman penduduk dengan rata-rata ketinggian air 50 cm hingga 1 meter,” jelasnya.

Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan dan meminimalisir adanya korban jiwa. Kami (BPBD Kab.Pasuruan) telah menyiapkan perahu karet untuk mengevakuasi warga dan mendirikan dapur umum. Dari data yang kami peroleh di lapangan dari 6 desa yang terdampak banjir terparah yakni di Desa Prodo dengan ketinggian air mencapai 1 meter,” pungkas Kepala BPBD Kab.Pasuruan.

Sementara itu salah satu warga Desa Prodo, Mustakim (40), dirinya berharap agar Pemkab Pasuruan segera melakukan normalisasi pada dua sungai yang kondisinya sudah sangat dangkal dan tak mampu menampung debit air kiriman daerah atas,” ujarnya.

 

 

(MK)

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.