Madrasatul Qur’an Ngalah Gelar Metodologi Metode Ngalah kepada seluruh Asatidz

""

Gambar : Ustadz Faiz Athoilah sedang memimpin jalannya kegiatan metodologi Madrasatul Qur’an Ngalah

PortalArjuna.Net-Pasuruan, Madrasatul Qur’an Pondok Pesantren Ngalah telah mengadakan metodologi di kantor Madrasah pada Rabu (23/12/20). Kegiatan tersebut langsung dibimbing oleh Ustadz Faiz Athoillah sebagai kepala bagian metodologi tingkat pusat. Kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh ustadz dari setiap asrama.

Kegiatan metodologi ini bertujuan agar pengajaran disetiap asrama bisa sesuai dengan standart yang telah ditetapkan oleh Pengurus Pusat Madrasatul Qur’an Pondok Pesantren Ngalah. Metododologi Madrasatul Quran yang menggunakan “Metode Ngalah” ini dilakukan atas dasar kritik dan saran dari para asatidz yang belum mengetahui tentang standart disetiap jilid dan tingkatan belajar. “Metodologi ini dalam rangka meyampaikan standarisasi yang sebelumnya saya memperoleh kritik dan saran dari berbagai asrama di Pondok Pesantren Ngalah” Jelas Ustadz Faiz Athoillah.

Dengan adanya kegiatan ini banyak dari para asatidz juga baru mengetahui tentang standarisasi tersebut. “Saya baru mengetahui tentang standarisasi yang telah diberikan oleh pihak pusat madrasatul qur’an, sebelumnya saya hanya mengambang ketika mengajar. Jadi selama ini, ketika santri bagus dalam bacaanya baru saya menaikkan ke tingkat atasnya.” Ujar Ustadz Huda selaku ustadz dari asrama M.

Sebenarnya kegiatan metodologi ini beberapa kali sudah terlaksana. Namun karena banyaknya para ustadz yang sudah kembali ke rumah atau istilahnya boyong, maka para kader ustadz baru yang sudah melakukan tashih akhir dan sanad yang menggantikanya. Sehingga dianggap perlu bagi ustadz baru tersebut dari setiap asrama melakukan standarisasi yang diberikan pengurus pusat Madrasatul Qur’an dalam sistem pengajaran yang telah berlaku.

 

(SB)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.