Mengenang II Dekade Sosok Pahlawan Kemanusiaan, “Riyanto” Banser NU

""

Dok.Polres Mojokerto Kota pada Natal tahun 2019 di salah satu Gereja di Kota Mojokerto


PortalArjuna.Net-Mojokerto, Mengenang Riyanto anggota Banser NU yang gugur karena menyelamatkan jamaah gereja dari serangan bom yang terjadi pada saat perayaan Natal 24 Desember 2000 di Gereja Eben Heazer Kota Mojokerto.

Riyanto adalah pemuda NU, yaitu salah satu dari 4 anggota banser yang ditugaskan menjaga keamanan Gereja pada saat malam Natal oleh Gerarakan Pemuda (GP) Ansor Kota Mojokerto.

Semula, jamaah Gereja malam Natal tersebut berlangsung khusyuk tetapi pada saat separuh jalan, sekitar pukul 20.30 seorang jamaat menaruh curiga pada bingkisan tak bertuan yang ada di depan pintu masuk Gereja.

Riyanto pun memberanikan diri membuka bungkusan tersebut, ia membongkar isi dari kantong plastik hitam tersebut dihadapan petugas keamanan Gereja dan termasuk di depan seorang polisi yang sedang bertugas, dan ternyata benar didalamnya tampak kabel yang menjulur.

Tuba-tiba muncullah percikan api, dan dengan sigap Riyanto berteriak “tiaraap…!” dan segera membuang bingkisan tersebut kedalam tong sampah, namun bingkisan tersebut terpental dan dengan cepat Riyanto mengambilnya kembali dan akan membuangnya ke tempat yang lebih jauh dan jauh dari perorangan.

Namun usaha itu tak terelakkan, bom meledak dalam pelukan Riyanto dan menewaskan beliau di tempat kejadian dengan wajah dan jari-jari yang menyedihkan.

Seorang yang beragama Muslim sejati yang rela mengorbankan nyawanya demi menyelamatkan orang lain yang tidak seagama dengannya dan sedang merayakan hari keagamaannya.

Gus Dur pernah berujar, “Riyanto telah menunjukkan diri sebagai umat beragama yang kaya nilai kemanusiaan” Cr.@nahdlatululama.

 

(AQN)

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.