Mengintip Pelantikan Semi Militer PKS SMA Darut Taqwa Purwosari

""

PortalArjuna.net-Pasuruan, Sejumlah 18 siswa kelas X SMA Darut Taqwa mengikuti pelantikan Patroli Keamanan Sekolah (PKS) yang bertempat di halaman sekolah dan area sekitar Yayasan Darut Taqwa. Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari mulai hari Kamis hingga Jumat (19-20/11/20).

PKS adalah salah satu organisasi siswa yang peranannya tidak lain adalah menjaga keamanan sekolah. Pada setiap tahunnya pelantikan dilakukan secara semi militer demi menumbuhkan kedisplinan siswa yang berperan penting dalam keamanan di sekolah.

18 anggota baru PKS SMA Darut Taqwa menjalankan beberapa proses pelantikan semi kemiliteran. Pada sekitar pukul 19.30 WIB mereka melakukan proses jerit malam, yaitu dimana fisik dan mental mereka diuji di malam hari. Fisik mereka diuji dengan berbagai latihan fisik seperti push up berantai, tiarap dan baris berbaris.

Selain uji fisik dan mental kegiatan tersebut juga diisi dengan materi pelatihan lantas yang pematerinya langsung dari polsek Purwosari. Materi ini sangat dibutuhkan oleh anggota PKS karena mereka juga menjaga kemananan lalu lintas yang berada disekitar sekolah. Penyampaian materi PKS dan kepemimpinan pun juga tidak luput disampaikan kepada mereka.

Pada hari sebelumnya, anggota baru PKS SMA Darut Taqwa diberi pendidikan spiritual dengan mengadakan tahlil bersama yang dilakukan usai shalat jamaah maghrib berjamaah.

Prosesi kegiatan demi kegiatan berlangsung lancar hingga selesai pada hari Jum’at sekitar pukul 10.00 WIB. Kegiatan ditutup dengan pengukuhan anggota baru oleh Bapak Anggik selaku pembina PKS SMA Darut Taqwa yang kemudian dilanjut dengan menyanyikan yel-yel bersama para anggota senior. (MM)

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.