Pondok Pesantren Babul Futuh Pandaan Terapkan Metode An-Nashr

""

PortalArjuna.net-Pasuruan, Metode An-Nashr sudah diterapkan di Ponpes Babul Futuh sejak dua tahun yang lalu hingga sekarang. Metode ini berasal dari Madrasah Al-Quran An-Nashr Sukolilo Wajak Malang.

Metode ini merupakan cara menerjemah al-quran (baik per kata maupun per ayat) dengan teknik mengulang-ulang yang tidak menggunakan ilmu alat bahasa arab (Nahwu dan Shorof) sebagai pintu masuk untuk dapat menguasai terjemahan Al-Qur’an. Metode ini menggunakan dua buku yakni satu buku yang berisi satu juz al-quran beserta terjemahannya yang dipegang oleh guru pembimbing sedangkan yang satunya lagi berisi satu juz Al-Qur’an tanpa terjemahan yang dipegang oleh peserta didik.

Karena dinilai bermanfaat bagi para santri maka KH. Romli Mahfudz selaku pengasuh Ponpes Babul Futuh Pandaan menerima metode ini dan menerapkannya di pesantren.

“Metode ini sangat bagus jika diterapkan bagi para santri karena metodenya yang terkesan mudah hanya perlu mengulang-ulang tanpa harus menghafal sehingga lama-kelamaan para santri sudah hafal dengan semdirinya,” tuturnya.

Untuk penerapannya di Ponpes Babul Futuh sendiri, metode ini dilakukan setiap hari senin sampai kamis tepatnya sebelum pelajaran sekolah dimulai. Hal ini dikarenakan suasana masih pagi dan usai sarapan, para santri biasanya lebih segar dan lebih mudah untuk menangkap apa yang mereka pelajari.

 

(NM)

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.