Strategi Media Dakwah PonPes Walisongo Dengan Meningkatkan Kesenian Musik Kontemporer Santri

""

Portalarjuna.net-Pasuruan, PonPes Wali Songo adalah pesantren yang terletak di dusun Rejoso-Sumber Rejo-Purwosari-Pasuruan Jl. KH. Achmad Dachlan No.1, strategi media dakwah melalui musik kotemporer adalah strategi yang sedang di jalankan oleh pengasuh PonPes Wali Songo (Agus Fahrurrozy) dan jajaran pengurus kesenian PonPes Wali Songo untuk media dakwah santri dalam melakukan pendekatan kepada masyarakat. Jadi Santri PonPes Wali Songo tidak hanya dibelajari ilmu agama namun juga dibelajari kesenian musik kotemporer.

Menurut Gus Fahrurrozy, dalam satu ceramahnya beliau menuturkan kepada santri-santri” dakwah melalui kesenian adalah metode yang digunakan oleh para leluhur kita ”Wali Songo”. Dakwah melalui kesenian sudah terbukti efektiv dibanding dakwah dengan cara pemaksaan seperti yang terjadi di luar sana, karena masyarakat nusantara khususnya di pulau Jawa ini sangat menggemari kesenian dan kebudayaan, khususnya dalam bidang bermusik hingga sunan Bonang membuatkan satu alat musik yang disebut “bonang”, dan masih banyak contoh-contoh para Wali Songo yang melakukan pendekatan kepada masyarakat melalui musik.”

“Mendekati masyarakat berarti mengambil hati masyarakat, caranya bagaimana? Ya dihibur dulu masyarakat agar hatinya senang, baru kalo sudah hatinya senang dikasih ilmu apa saja itu gampang masuknya, dan gampang mencernanya,” tutur beliau.

“Musik kontemporer di PonPes Wali Songo ini sudah berjalan tiga tahun, disinilah kami segenap pengurus kesenian mengadakan latihan rutin seminggu sekali, dan kami ingin mengembangkan skill santri dalam berkesenian khusunya musik kontemporer, kami ingin teman-teman santri mengaplikasikan hasil dari ngajinya yang outputnya melalui musik kontemporer untuk media dakwahnya,” imbuh pembina musik kotemporer Danis Iswanto. (nh)

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.