Adakan Aturan Baru Penumpang KA Jarak Jauh Pada Januari 2021

""

Sumber Gambar : Google/ilustrasi kereta api


PortalArjuna.Net-Pasuruan, PT Kereta Api Indonesia (KAI) telah menetapkan syarat perjalanan kereta api (KA) jarak jauh pada 9-25 Januari 2021.

Perjalanan KA jarak jauh ini sesuai dengan Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan Nomor 4 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang dengan Transportasi Perkeretaapian dalam Masa Pandemi Covid-19.

VP Humas PT KAI Joni Martinus mengatakan, pelanggan KA Jarak Jauh di Pulau Jawa dan Sumatera wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR atau hasil antigen tes cepat non-reaktif. Aturan tersebut berlaku mulai hari ini, Sabtu (9/1/2021).

“KAI mendukung penuh kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 melalui moda transportasi kereta api,” ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus, Sabtu (9/1/2021).

Terpisah, Manager Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta Supriyanto menambahkan, surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR atau hasil non-reaktif rapid test antigen bagi pelanggan KA jarak jauh, sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3×24 jam sebelum jam keberangkatan. “Adapun syarat tersebut tidak diwajibkan untuk pelanggan dengan usia di bawah 12 tahun,” ujarnya.

Lebih lanjut, bagi pelanggan KA yang perjalanannya kurang dari dua jam tidak di perkenankan untuk makan atau minum, kecuali bagi orang yang wajib mengkonsumsi obat-obatan dalam rangka pengobatan yang jika tidak di lakukan dapat membahayakan keselamatan dan kesehatan orang tersebut.

Ia mengimbau seluruh pelanggan kereta api agar mematuhi protokol kesehatan dan menerapkan 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan).

 

(MK)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.