Berkah Bagi Para Nelayan, Musim Penghujan Panen Cumi pun Meningkat

""

PortalArjuna.Net-Pasuruan, Dibandingkan dengan musim kemarau, pada musim penghujan hasil tangkapan para nelayan di pelelangan ikan Lekok, Pasuruan meningkat. Hasil panen cumi ini meningkat setiap harinya, tetapi meskipun persediaan melimpah harga cumi tetap tinggi.

Harga cumi saat ini menyentuh angka sekitar Rp. 60.000,- perkilogramnya, diperkirakan harganya akan tetap bertahan bahkan cenderung naik karena diimbangi dengan permintaan yang meningkat pula baik dari penduduk lokal maupun dari luar daerah.

Untuk bisa mendapatkan ikan cumi yang besar meski persediaan melimpah, para nelayan tak jarang yang berangkat dini hari dan kembali disiang hari. Hal ini juga membuat pemasokan cumi-cumi di TPI Lekok selalu melimpah baik saat pagi maupun siang hari.

Nelayan cumi-cumi cukup diuntungkan karena hasil tangkapan mereka stabil sedangkan harga jual bertahan diharga tinggi, berbeda dengan jenis ikan lainnya jika persediaan melimpah harga anjlok.

Slamet, salah seorang nelayan sempat mengaku, “Hasil tangkapan nelayan, terutama cumi-cumi meskipun musim hujan mengalami peningkatan dibanding sebelumnnya, hasil tangkapan cumi-cumi ini diminati konsumen sehingga permintaannya terus meningkat, lah ini yang membuat harga cumi-cumi tetap bertahan diharga tinggi, kini dijual sekitar Rp60 ribu per kilogram di Tempat Pelelangan Ikan, kalo dipasar ikan bisa mecapai Rp70 ribu per kilogram”.

 

(NA)

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.