Cegah covid-19, Ponpes Ngalah Galakkan Aksi Minum Jamu Anti Corona

""

PortalArjuna.net-Purwosari,(19/01/2021)Pondok pesantren ngalah melakukan aksi wajib minum obat bagi seluruh santri. Romo Kyai Sholeh Bahrudin menegaskan wajibnya minum obat sebab adanya pandemic corona yang sedang terjadi saat ini. Kegiatan ini dilakukan yang kedua kalinya, mengingat di luar pondok semakin banyak yang  terkena covid-19.

Seluruh santri pondok pesantren ngalah sangatlah bersemangat dalam kegiatan wajib minum jamu anti corona ini. Mereka juga berantusias saat penentuanwaktu untuk minum jamu tersebut di umumkan di asrama masing-masing. Mereka merasa minum jamu anti corona memanglah sangat penting bagi kesehatan mereka sendiri.

Rasa dari jamu anti corona ini seperti ada asam-asamnya, baunya  seperti madu. Teksturnya cair agak kental. Warnanya kitam kecoklatan. Jamu ini bisa di sajikan bersamaan dengan makanan atau minuman namun dianjurkan untuk langsung diminum.

Semua santri di wajibkan minum jamu setiap hari jum’at waktu pagi dan sore. Sistem pengambilan jamu yang diberikan kepada santri yaitu dengan cara memanggil perwakilan dari setiap kamar untuk mengambil jamu di kantor asrama, lalu minumnya di lakukan didalam kamar masing-masing santri.

Jamu ini tidak hanya untuk santri saja melainkan jama’ah rutinan yang ikut Romo Kyai juga wajib minum saat akan memulai kegiatan rutinan tersebut. Seperti jama’ah seninan, selosoan,dll.

Dalam kegiatan ini pondok pesantren ngalah selalu di dukung oleh para jama’ah yang ikut Romo Kyai pengasuh Yayasan Darut Taqwa. Jamu tersebut pun termasuk sumbangan dari salah satu jama’ah Romo Kyai.

(ZM)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.