Eng An Kiong, Kelenteng Dikota Malang Yang Instagramable

""

PortalArjuna.net-Malang, Kelenteng Eng An Kiong merupakan salah satu bangunan tertua di Kota Malang. Selain sebagai ibadah, kelenteng ini banyak digunakan kaum muda untuk dijadikan spot berfoto karena struktur bangunannya yang khas.

Bangunan bersejarah ini terletak di Jalan Martadinata, Kotalama, Kec. Kedungkandang, Kota Malang. Dekat dengan Pasar Besar, Stasiun Kota Lama, Hotel Balava dan Rumah Sakit Panti Nirmala. Letak kelenteng yang strategis ini menjadikan banyak dikunjungi baik untuk beribadah maupun hanya sekedar berfoto-foto.

Nama lengkap kelenteng ini yakni Kelenteng Tri Dharma Eng An Kiong. Tri Dharma artinya, bangunan ini digunakan sebagai tempat ibadah bagi tiga penganut agama dan kepercayaan, yaitu Ji (Konghucu), Too (Tao), dan Sik (Buddha).

Walaupun bangunan ini berumur sangat tua yakni hampir sekitar 2 abad, namun eksistesinya tidak pernah surut di sosial media karena uniknya dari kelenteng ini. Bangunan Tionghoa yang khas dan perpaduan aristektur China Eropa ini, menjadi tempat yang populer khususnya bagi para fotografer dan selebgram. Banyak ditemukan foto kekinian yang berlatar belakang di kelenteng ini di sosial media, terutama instagram.

Pada masa pandemi COVID-19 seperti sekarang ini, pihak kelenteng menerapkan protokol kesehatan bagi pengunjung, seperti mencuci tangan dan memakai masker baik bagi jemaat maupun pengunjung umum. Setiap pengunjung yang baru datang diwajibabkan mencuci tangan terlebih dahulu sebelum masuk kedalam kelenteng. Walapun hanya sekedar berfoto-foto, mereka tetap harus memakai masker.

 

(MM)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.