Gempa Bumi Menimpa Sulawesi Barat

""

Gambar : http://www.detik.com


PortalArjuna.net-Sulawesi Barat, Gempa telah terjadi di sejumlah wilayah Indonesia pada pukul 22.00 WIB. Gempa terjadi di ibu Kota Manokwari, Papua barat, Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat dan Maluku.

Info dari badan Meteorologi, Klimatologi, Dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan gempa magnitudo 4,5 mengguncang Kota Manokwari, pada pukul 05:27:48 WIB, Jumat(13/12/2019). Gempa mengguncang kabupaten Mamasa, Jumat siang,sekitar pukul 13:26:58 WIB. Getaran tersebut terasa dalam skala 2 hingga 3 MMI di Mamasa.

BMKG menginformasikan gempa dengan kekuatan magnitudo 5 kembali mengguncang Majene, Sabtu (16/1/2021) pagi ini. Setelah dua hari berturut-turut dilanda gempa, Majene kembali mengalami guncangan gempa bumi pada pagi ini.

Gempa bumi tektonik bermagnitudo M 5,0 mengguncang wilayah Masama, tepat pada pukul 06.32 WiB, Sabtu (16/1/2021). Berdasarkan hasil analisis (BMKG) menunjukkan bahwa gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo Mw 4,8. Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno MSi, mengatakan dalam keterangan tertulisnya bahwa episenter gempa bumi terletak pada koordinat 2,89 LS dan 119,05 BT.

BMKG Ungkap Sejarah Gempa di Sulbar, gempa Majene sebelumnya pernah terjadi lokasi tepatnya berada di darat pada jarak 29 kilometer arah Tenggara Kota Mamuju, Sulawesi Barat pada kedalaman 10 kilometer.

Guncangan gempa bumi ini sendiri dirasakan di daerah Mamuju dengan skala intensitas III MMI, di mana getaran dirasakan nyata dalam rumah dan terasa seakan ada truk yang berlalu.kendati dari hasil pemodelan BMKG tidak menunjukkan adanya potensi tsunami, ternyata berdasarkan hasil monitoring, gempa ini merupakan rangkaian gempa bumi kemarin.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.