Kabar Gembira, Kasus HIV-AIDS di Kota Pasuruan Menurun pada 2020

""

Sumber gambar : http://Merdeka.com


PortalArjuna.net-Pasuruan, Kabar gembira daang dari temuan kasus HIV-AIDS di kkota Pasuruan tahun 2020 menurun drastis. Menurut penuturan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pasuruan, dr. Shierly Marlena temuan HIV/AIDS selama tiga tahun terakhir di Kota Pasuruan terus menurun. pada 2018 temuan ODHA sebanyak 40 orang. Sementara untuk tahun 2019 ditemukan 30 ODHA. Dan tahun ini, Dinkes tidak menerima adanya laporan ODHA baru.

Dr. Shierly Marlena mengungkapkan temuan ODHA menurun drastis, tidak ada laporan yang masuk ke Dinkes Pasuruan, hal ini menunjukkan bahwa masyarakat sudah menerapkan pola hidup yang sehat.

“Mayoritas penderita HIV/AIDS ini adalah kaum heteroseksual atau mereka yang suka berganti-ganti pasangan dan berada di usia produktif antara 25 sampai 40 tahun. Dan ketika melakukan hubungan seks bersama lawan jenis, mereka tidak mengetahui jika pasangannya itu terjangkit HIV,” ungkapnya.

Selain itu, ibu rumah tangga (IRT) juga cukup banyak yang ditemukan terjangkit virus HIV. Virus ini biasanya ditularkan dari suaminya. Virus ini juga terjadi pada prenatal akibat penularan ibu kepada anak yang dikandungnya. Namun ia berharap agar masyarakat tidak memberikan stigma negatif pada ODHA agar ODHA bisa dengan lancar diobati.

Salah satu cara yang bisa dilakukan ketika terjangkit HIV-AIDS adalah dengan meminum obat secara teratur, maka usia penderita bisa diperpanjang. Namun dengan catatan, stigma pada ODHA harus dihilangkan agar mereka mau berobat rutin.

Sampai saat ini Dinkes terus menerus meningkatkan pencegahan dengan cara S-TOP, yaitu singkatan dari suluh yang artinya penyuluhan HIV/AIDS dengan cara temukan dengan tes sedini mungkin, obati segera jika positif, dan pertahankan taat pengobatan bagi yang positif, sebab dengan teratur minum obat, penderita bisa memperpanjang harapan hidup.

 

(SNF)

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.