Kota Mojokerto Terapkan Jam Malam Sebagai Akhir Kegiatan Warga

""

Gambar : Instagram (@updatemojokerto)


PortalArjuna.net-Mojokerto, Kota Mojokerto kini sudah memasuki arena zona merah di Jawa Timur, maka dari itu Pemerintah Kota Mojokerto menerapkan jam mala. Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kota Mojokerto resmi diberlakukan. Pasar tradisional diharuskan tutup pukul 16.00 WIB, sedangkan pertokoan tutup jam 20.00 WIB.

Pemberlakuan PPKM ini dilakukan untuk upaya pengendalian penyebaran virus corona di Kota Mojokerto yang kian masif. PPKM berlaku selama dua pekan yakni mulai Jum’at, 15 Januari hingga Kamis, 28 Januari 2021.

PPKM atau PSBB bermaksud untuk membatasi sejumlah kegiatan warga yakni bekerja, beribadah, bersekolah sampai berwisata, dan tentu saja warga dianjurkan di rumah saja jikalau tidak ada hal yang mendesak untuk dilakukan di luar rumah.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Mojokerto, Heryana Dodik Murtono mengatakan bersama petugas gabungan TNI/Polri beliau melakukan monitoring di lokasi terkait penerapan jam operasional pasar tradisional selama PPKM.

Dodik Menyebut aktivitas di seluruh pasar tradisisonal dan sekitarnya wajib dikosongkan pada pukul 16.00 WIB lantaran aktivitas pasar sesuai dengan Surat Edaran Walikota Mojokerto. Sedangkan operasional toko modern swalayan, cafe dan pusat perbelanjaan di Kota Mojokerto maksimal hingga pukul 20.00 WIB.

Menurut dia, pembatasan jam operasional di pasar tradisional dilakukan pada pukul  16.00 karena dinilai sangat rawan. “Pertimbangan pembatasan jam operasional pasar tradisional lebih awal karena dinilai sangat rawan interaksi dalam situasi pandemi daripada toko-toko yang lain.” Jelasnya.

Pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Kota Mojokerto akan membatasi kegiatan belajar mengajar dilaksanakan secara daring dan penutupan sementara untuk wisata dan hiburan.

Pihaknya akan menindak tegas pelanggar prokes dan dikenakan sanksi administrasi berupa denda. Sedangkan, pelaku usaha yang melanggar prokes denda Rp.200.000.

 

(AQN)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.