Mencengangkan, Gerbong Kereta Berjalan Tanpa Lokomotif di Malang

""

Gambar : proses evakuasi gerbong kereta


PortalArjuna.Net-Pasuruan Serangkaian gerbong di stasiun malang kota baru mengalami insiden berjalan sendiri tanpa adanya lokomotif yang menarik gerbong tersebut dan mengalami anjlok setelah menabrak ekskavator di stasiun malang kota lama. Peristiwa itu terjadi di Kelurahan Ciptomulyo, Kecamatan Sukun, Kota Malang kamis (19/11/2020) sekitar pukul 14.25 WIB.

Setelah kejadian tersebut pihak dari PT KAI Daop 8 Surabaya langsung bertindak cepat untuk mengevakuasi gerbong kereta yang berjalan sendiri dan anjlok tersebut.  “Dalam proses evakuasi ini, PT KAI Daop 8 Surabaya telah mendatangkan alat mesin crane dari Solo, dengan 60 personil tenaga teknisi evakuasi sarana dan 20 personil tenaga teknisi jalan rel” ujar Kahumas KAI Daop 8 Suprapto.

Sementara gerbong kereta berjalan sendiri ini masih belum di ketahui pasti apa penyebabnya. Namun, kemungkinan anjlok terjadi ketika sedang melakukan proses proses pergerakan rangkaian kereta, gerbong, ataupun lokomotif untuk berpindah jalur.

“Terkait penyebab kejadian dan pola langsirannya, saat ini masih menunggu hasil penyelidikan. Yang jelas kereta dalam proses langsiran,” jelas Suprapto.

Untungnya tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini dan perjalanan kereta lainnya tidak mengalami kendala apa pun sehingga dapat beroperasi dengan normal.

Menurut warga sekitar, gerbong kereta tersebut berhenti melintas setelah menabrak sebuah backhoe yang ada di lokasi stasiun untuk kebutuhan proyek pengganti jalur rel kereta.

Slamet S Effendy 50 tahun, seorang saksi mata yang merupakan warga sekitar mengatakan “Jadi saat itu saya sedang berada di lantai dua rumah. Sebelum kejadian itu terjadi, saya melihat di jalur satu rel ada kereta Penataran jurusan Surabaya-Blitar melintas.”

 

(RW)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.