Pangandaran Diguncang Gempa Berskala 4,7 SR

""

(Ilustrasi)-Gempa bumi tektonik berkekuatan 4,7 SR di Pangandaran


PortalArjuna.Net-Pasuruan, Wilayah Kabupaten Pangandaran di Jawa Barat dan sekitar wilayah laut tenggara Kabupaten Pangandaran diguncang oleh gempa tektonik.  Dalam laman Twitter-nya BMKG menulis gempa tersebut berada di laut 88 kilometer tenggara Kabupaten Pangandaran dengan kedalaman 57 Km.

Getaran gempa dirasakan ringan di Pangandaran, Tasikmalaya, Cisompet, Ciamis, Banjar dan Garut. Dikutip dari pernyataan resmi BMKG, hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini mengukur M = 4.7. Episenter terletak pada koordinat 8,48 ls dan 108,66 bt, atau tepatnya terletak di laut pada jarak 88 km tenggara Pangandaran Jawa Barat pada kedalaman 57 kilometer. Gempa bumi tersebut mengguncang pada Jumat (15/01/2021) pukul 21.17 WIB.

Menurut hasil analisis BMKG dengan memperhatikan lokasi pusat gempa dan kedalaman hyposenter, gempa bumi yang terjadi adalah jenis gempa yang dangkal karena zona subduksi pelat Indo-Australia yang turun dari pelat Eurasia. Selain itu gempa yang berkekuatan 4.7 Skala Richter dirasakan di wilayah Tasikmalaya, Pangandaran, dan Cisompet pada skala intensitas III MMI (getaran terasa seperti truk yang lewat Rumah), di Bayongbong, Pamarican, Ciamis, Banjar Pataroman, Cipatujah, Cikajang, Cigedug, Garut dengan intensitas skala II MMI (getaran terasa bergoyang).

Dampak gempa yang dirasakan masyarakat dijelaskan oleh peta tingkat goyang BMKG dan laporan dari masyarakat yang ikut merasakan dari dampak gempa tersebut.

Tetapi sampai sekarang belum ada laporan pembangunan kerusakan akibat gempa bumi. Hingga berita ini diturunkan, BMKG, belum mendapatkan laporan adanya kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas zona subduksi Lempeng Indo-Australia yang menunjam ke bawah lempeng Eurasia,” ujar Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Hendro Nugrohi dalam keterangan resminya.

Dari hasil pemantauan belum ada gempa susulan. Kendati begitu, BMKG mengimbau agar warga tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dipertanggungjawabkan kebenaranya.

 

(KU)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.