Pasty Widakusawara, Wanita Asal Gunung Kidul Yang Jadi Reporter Voice of America (VOA)

""

PortalArjuna.Net-Indonesia, Patsy Widakuswarai mengepalai produksi berita di VOA. Selain memproduksi, Patsy juga membawakan beberapa acara termasuk Laporan VOA untuk Metro TV, Apa Kabar Amerika di tvOne dan Kilas VOA yang ditayangkan di beberapa afiliasi VOA. Patsy juga sering memproduksi program-program in-depth investigative terkait kebijakan luar negeri AS seperti Operasi Terselubung CIA dan Penjara Guantanamo.

Patsy mengawali karir jurnalistik di usia 19 tahun sebagai pembawa acara radio M97 FM Prambors Group Jakarta, ketika ia masih kuliah di Jurusan Hubungan Internasional, FISIP UI. Patsy melanjutkan karirnya di beberapa televisi Indonesia termasuk ANTV dan Metro TV. Tahun 2001 Patsy mendapat beasiswa Chevening untuk gelar Master di bidang TV Journalism di Goldsmiths College, University of London, kemudian bekerja membuat film dokumenter untuk Channel 4 dan BBC. Dari London, Patsy pindah ke Washington, DC dan bergabung dengan VOA tahun 2003.

Patsy mengaku mantap berkarir di media dan tidak bisa membayangkan hidup kecuali jadi wartawan. Ia juga sangat suka olah raga otak seperti berdebat. Ketika kuliah dulu ia merupakan co-founder kelompok debat bahasa Inggris pertama di Indonesia, English Debating Society di UI dan meraih beberapa gelar juara nasional dan internasional. Patsy yang gemar membaca dan memasak ini tinggal di Maryland bersama seorang putranya.

 

(BTK)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.