Puthuk Gragal, Wisata Pendakian yang Masih Jarang Diketahui Banyak Orang

""

Sumber Google: Puthuk Gragal (motortour.wordpress.com)


PortalArjuna.net-Mojokerto, Puthuk Gragal destinasi ketinggian 1.480 mdpl yang berlokasi di Desa Cembor, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto masih jarang diketahui oleh b anyak orang. Putuk Gragal sebenarnya tidak kalah bagus dengan wisata pendakian yang lain, ketika sudah berada dipuncak akan disajikan dengan pemandangan dari latar belakang Welirang, dan keindahan Puthuk Siwur serta Gunung Pundak yang memanjakan mata para pendaki.

Sementara ini untuk tiket masuk hanya 10.000 permalam, juga 10.000 untuk parkir dan penjagaan motor yang akan dialokasikan untuk pembangunan toilet dan jalur. Sepanjang jalur dipenuhai vegetasi tumbuhan di kiri kanan jalur muali dari pohon-pohon besar hingga tanaman berbunga yang memanjakan mata saat perjalanan.

Di puncak dingin sekali, dengan view di arah utara berdiri dengan gagahnya Gunung Penanggungan. Hati-hati angin berhembus sembarangan, dari segala arah. Kalau memandang ke timur view sabananya indah menarik hati dengan gradasi yang cukup beragam. Dari coklatnya ilalang, hamparan rumput sabana hijau muda dan hijau tuanya pinus-pinus di kejauhan sebagai batas, sangat menggiurkan.

Jalur pendakian terdiri dari 4 pos, pos pertama Watu Ceper dapat ditempuh selama 25 menit dari basecamp. Pos 2 Gamblu tidak lebih dari setengah jam untuk ditempuh dari pos pertama, sepanjang jalur hingga pos 3 Hutan Genjret terdapat pipa paralon untuk mengisi botol air dan sampailah di pos 4 Tanjakan Celeng yang sering dijadikan camp untuk beermalam atau sekedar beristirahat. Perlu beberapa menit lagi untuk sampai puncak dari pos 4.

Setelah turun pendakian, para pendaki juga terdapat destinasi tambahan yang terletak sebelum pos 1 yaitu Goa Kencana dan Coban Cakung air terjun tersembunyi untuk sejenak istirahat dan bermain air di air terjun.

 

(Ch)

 

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.